4 Tips Menjaga Kekuatan Gigi Agar Awet -->

4 Tips Menjaga Kekuatan Gigi Agar Awet

Amara
Tips Menjaga Kekuatan Gigi - Gigi merupakan hal yang yang sangat penting untuk diperhatikan kondisinya. Selain untuk mengunyah makanan agar dapat dicerna oleh lambung, gigi juga berfungsi sebagai penunjang penampilan bagi setiap individu. Untuk itu, diperlukan suatu tips menjaga kekuatan gigi secara sederhana.
Gigi yang putih dan sehat, merupakan dambaan bagi setiap orang.  Mengapa? Karena kerusakan pada gigi sangat mengganggu kesehatan. Karena itulah, menjaga kesehatan gigi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Berikut adalah tips menjaga kekuatan gigi secara sederhana.



4 Tips Menjaga Kekuatan Gigi Agar Awet

  1. Perhatikan dengan benar cara membersihkan gigi

Tidak sedikit orang yang meremehkan hal ini. Ternyata, membersihkan gigi tidak hanya asal membersihkan saja. Ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar upaya pembersihan gigi tidak menjadi sia-sia.

  1. Menggosok gigi minimal 2 kali sehari

Cara ini dilakukan untuk menghindarkan gigi kalian dari kuman. Gosoklah gigi 2 kali sehari yaitu saat setelah sarapan dan sebelum tidur malam. Gosoklah semua bagian dari gigi dengan cara yang benar agar kebersihan gigi selalu terjaga.

  1. Gunakan obat kumur yang tepat untuk gigi

Sebelum memilih obat kumur, pastikan anda mengetahui kegunaan dan komposisi obat kumur tersebut.  Pilihlah obat kumur dengan kandungan tanpa Alkohol, Chlorhexidine, Fluoride, Antiplaque, Deodorizing dan Oxidizing, Agents, Oxygenating Agents, Astringents. Gunakan secara rutin maksimal 2 kali dalam seminggu untuk menghindari plak pada gigi.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Percaya atau tidak, ternyata makanan yang kalian konsumsi juga mempengaruhi kesehatan pada gigi. Dari sekian banyak macam buah dan sayur, buah dan sayur yang direkomendasikan untuk menjaga gigi agar tetap sehat. Diantaranya adalah :

Apel
Apel dapat membantu menguatkan serta memutihkan gigi. Kandungan serat di apel membuat gigi kita akan lebih kuat ketika kita mengunyah apel, apel juga membantu mengatasi masalah gusi serta pendarahan dan bakteri di mulut.
Wortel
Jenis sayur yang satu ini, memiliki tekstur kasar dan kadar air yang tinggi pada wortel dapat merangsang air liur, membersihkan partikel makanan dari mulut dan mengurangi jumlah plak yang akhirnya dapat memutihkan gigi secara alami.
Seledri
Batang seledri mengandung kalsium yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan gigi. Kalsium akan membantu rangka dan juga gigi tetap kuat.
Hindari hal hal yang membuat kerusakan gigi
Selain dianjurkan upaya untuk menjaga kesehatan gigi, kalian juga harus menghindari hal-hal yang menimbulkan kerusakan gigi. Ada banyak hal yang dapat mengakibatkan kerusakan pada gigi. Selain yang disebabkan oleh makanan, ada beberapa hal yang juga disebabkan oleh kebiasaan buruk yang tanpa kalian sadari.

  • Terlalu sering mengkonsumsi soda, alkohol, dan kopi
  • Menghisap lemon atau makanan asam lainnya
  • Makanan terlalu panas atau dingin
  • Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis
  • Mengunyah es balok
  • Terlalu sering menggunakan tusuk gigi
  • Menggunakan gigi sebagai alat (merobek paket, membuka tutup botol kemasan, menggunakan gigi melepas kulit kacang, dll)
Itulah informasi yang perlu kalian ketahui tentang tips  menjaga kekuatan gigi. Semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk menjaga kekuatan gigi kalian. Terimakasih