6 Tips Belanja Gadget Online Paling Aman -->

6 Tips Belanja Gadget Online Paling Aman

Ksatria
Berada di zaman serba online memang mempunyai dua sisi. Pertama, anda akan dimudahkan dengan kecanggihan dan perkembangan teknologi. Kedua, kejahatan online atau dampak yang membuat anda kecewa juga pasti ada. Jika selama ini dalam berbelanja online aman – aman saja untuk baju atau makanan, maka tidak untuk belanja gadget. Lebih berhati-hatilah dalam belanja gadget secara online. Anda tidak perlu takut jika sudah mengetahui tips belanja gadget online.

Tidak sedikit memang toko online yang menawarkan harga miring untuk produk elektronik. Bahkan, harga juga terkadang jauh lebih murah daripada ketika anda membelinya langsung di toko. Anda harus mengetahui bahwa banyak juga toko online yang tidak bertanggung jawab dengan gadget yang mereka jual apakah produk copyan atau asli.

6 Tips Belanja Gadget Online Paling Aman


1. Cari Toko Online yang Ramai Dibicarakan

Jika memang kendala utama anda dalam belanja online adalah takut tertipu, anda bisa mengatasinya dengan mengunjungi situs toko online yang sedang ramai diperbincangkan. Daripada membeli melalui situs yang keren namun abal-abal, lebih baik anda bisa cek langsung toko online terpercaya khususnya yang fokus di bidang teknologi. Bisa melalui rekomendasi teman atau keluarga anda.

2. Cek Spesifikasi Gadget

Tips belanja gadget online selanjutnya adalah mengecek bagaimana spesifikasi dari gadget yang akan anda beli. Belanja gadget secara online tentu tidak melihat barangnya langsung untuk mengetahui kondisinya. Baca situs reviewer terpercaya yang memuat spesifikasi berbagai gadget.

3. Baca Gadget dengan Tipe yang Lain

Sebelum anda menentukan pilihan gadget, sebaiknya anda mencari bandingannya. Bisa dari spesifikasinya, harga dan mereknya. Sediakan tiga sampai lima produk elektronik untuk perbandingan. Jika gadget awal tetap menjadi pilihan anda dan unggul, anda bisa segera membelinya.

4. Bandingkan Harga dengan Toko Online Lain

Setelah anda menemukan gadget yang menjadi pilihan, jangan langsung membelinya. Lakukan satu langkah lagi agar anda bisa mendapatkan barang yang berkualitas. Bandingkan harga dari toko online anda dengan harga di situs online lainnya. Harga gadget memang lumayan mahal. Pastikan anda sudah menghitung semuanya termasuk ongkos kirim.

5. Pengiriman Barang

Pengiriman gadget jika anda beli secara online menjadi hal yang patut anda perhatikan. Pastikan anda menanyakan kepada penjual bagaimana pengiriman gadget seperti menggunakan jasa kurir apa dan membutuhkan waktu berapa lama. Satu lagi, anda juga berhak menanyakan keamanan gadget ketika proses pengiriman. Apakah gadget bisa sampai dengan kondisi baik ataukah ada kemungkinan rusak karena terjatuh dan lain sebagainya.

6. Sistem Pembayaran

Membeli secara online berarti melakukan pembayaran secara online atau elektrik juga. Banyak yang menggunakan kartu debit dan kartu kredit. Tapi juga tidak sedikit yang memberlakukan COD atau Cash on Delivery yang memungkinkan anda bertemu langsung dengan penjual. Anda bisa memilih pilihan terakhir jika dalam satu kota.

Berbelanja secara online menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan Apapun barang yang akan anda inginkan, pastikan anda membelinya secara teliti. Termasuk ketika membeli gadget, terapkan tips belanja gadget online ini agar melindungi anda dari penipuan atau kerugian. Semoga bermanfaat.