Cara Menjalani Masa CPNS hingga Diangkat PNS

Cara Menjalani Masa CPNS hingga Diangkat PNS

Alhamdulillah Pemberkasan telah teman – teman lalui, suka dan duka pun berlalu. Kini saatnya teman semua menghadapi masa CPNS atau CalonPegawai Negeri Sipil selama 1 tahun, jadi jangan mengira jika sudah berhasil diterima NASIB anda pasti menjadi PNS 100%. Tidak semudah itu ferguso !
Disini kami akan berbagi pengalaman tanpa bermaksud menggurui teman sekalian. Tetapi jika menjalani masa CPNS tanpa persiapan, maka dapat dipastikan anda akan kelabakan nantinya.

Cara Menjalani Masa CPNS hingga Diangkat PNS



1.       Masa Orientasi

Orientasi adalah pengenalan lingkungan kerja, tugas dan fungsi serta seluruh pegawai ditempat anda bekerja. Orientasi ini berlangsung selama 1 – 2 minggu ditempat anda bekerja, jenis orientasi ini pun berbagai macam, tetapi SATU hal yang pasti. Selama 1 – 2 minggu anda akan sangat SIBUK. Jadi korbankan dulu masa bersenang – senang anda, dan jangan lupa jaga kondisi kesehatan yang bisa saja menurun. Jangan sampai tidak mengisi absensi serta mengikuti kegiatan. Otomatis anda akan BATAL menjadi PNS.
Hal yang perlu disiapkan :
a.     Seragam formal PUTIH – HITAM sebanyak 2 / 3 steel
b.    Sepatu Pantofel sebanyak 1 / 2 buah
c.     Seragam kerja lengkap dengan atribut.
d.    Budget untuk sewa kos / kontrakan dekat tempat kerja.
e.    Budget untuk hidup sehari – hari (karena gaji baru keluar di bulan kedua anda orientasi)
Catatan : untuk seragam, tidak perlu terlalu banyak. Karena siapa tahu ada perubahan – peruban baik itu lambang, warna pakaian dan lain sebagainya. Intinya hati – hati jangan sampai uang habis untuk beli pakaian. Cicil aja lengkapi satu per-satu.

2.       Masa Prajabatan

Prajabatan bertujuan lebih membentuk karakter ASN serta meminimalisir praktik KKN (korupsi, kolusi dan nepotisme) Prajabatan tiap institusi berbeda – beda. Tetapi pada kebanyakannya berlangsung selama 1 – 2 bulan. Dan bagi polisi dan TNI bisa sampai 4 – 6 bulan guys. Terus bagaimana dengan anda yang memiliki anak bayi kecil usia 1 – 2 bulan ? Ya, terima nasib ! Jika ada 1 hari aja anda bolong (kecuali SAKIT keras) maka anda dinyatakan TIDAK layak menjadi PNS. Sia – sia dong perjuangan selama tes hingga sekarang.
Prajabatan dilaksanakan di BPSDM / BPSDMD atau Badan Pengelolaan Sumber Daya Manusia, disana anda akan ditempatkan pada mess atau asrama, dilatih oleh instruktur gabungan Polri dan TNI. Sudah dipastikan akan berat bagi sipil, karena prajabatan menuntut kedisiplinan, sikap dan kesabaran kita. Ingat lirik lagu ? “Badai....pasti berlalu”. Hal yang disiapkan :
a.      Seragam formal PUTIH – HITAM sebanyak 2 / 3 steel
b.      Sepatu Pantofel sebanyak 1 / 2 buah
c.      Sepatu dan baju olahraga
d.      Surat Sehat jasmani dari rumah sakit pemerintah.
e.      Budget untuk hidup sehari – hari
f.        Budget untuk tugas – tugas prajabatan.
3.       Masa Aktualisasi
Aktualisasi merupakan bagian dari prajabatan, aktualisasi adalah kewajiban semua ASN. Aktualisasi disini adalah penerapan nilai – nilai ASN seperti Akuntabilitas, Anti Korupsi dan senbagainya yang dirangkum melalui kerja serta laporan penelitian dari BAB 1 hingga BAB 4, mirip seperti skripsi sarjana.Pusing pala barbie ! pala barbie !
Hal yang disiapkan :
a.      Seragam formal PUTIH – HITAM sebanyak 2 steel
b.     Sepatu Pantofel sebanyak 1 buah
c.      Budget untuk hidup sehari – hari
d.     Budget untuk laporan aktualisasi.
Jika anda sudah melalui tahap ini , sudah dapat dipastikan 98% PNS ditangan anda. Tapi jangan sampai terlibat kriminal dan NARKOBA ! Anda pasti langsung dipecat.

4.       Masa PNS 100%

Nah inilah masa dimana semua jerih payah dan usaha anda terbayar. Selama satu tahun menjalani masa CPNS, akhirnya anda diangkat menjadi PNS di tempat kerja. Oh iya selama CPNS gaji dan remun dibayar cuman 80% akan tetapi kalau sudah PNS akan dibayar full 100%. Adapun hal yang perlu disiapkan :

a.    Berkas SK CPNS, SKP (kontrak kerja pegawai), PPKP (penilaian kinerja pegawai oleh atasan), surat rekomendasi pengangkatan, surat tanda tamat prajabatan/pelatihan dasar.
b.   Surat keterangan sehat (bagi sebagian) dan MCU (medical check up) bagi kebanyakan instansi, MCU ini bisa memakan biaya antara 400 - 900 ribu. Ada juga yang mewajibkan adanya Surat bebas Napza, surat keterangan sehat psikologi.
c.    Seragam kerja.

Baiklah itu saja pengalaman dari admin, mungkin tiap instansi berbeda dalam hal kebijakan serta aturan tetapi pada umumnya demikian. Kenapa anda perlu persiapan ? Jangan sampai UANG GAJI anda habis untuk belanja gaya hidup. Anda harus memikirkan nasib anda yang lebih penting yaitu PNS 100%. Jika artikel ini bermanfaat bagi anda, silahkan like dan share ya kawan – kawan.