24 Cara Mengatasi Insomnia Kronis Paling Mudah dan Ampuh -->

24 Cara Mengatasi Insomnia Kronis Paling Mudah dan Ampuh

Amara

Cara Mengatasi Insomnia – Sulit tidur atau insomnia adalah gangguan fisik yang tidak boleh dibiarkan. Pentingnya tidur secara cukup bagi kesehatan tubuh, membuat gangguan insomnia harus diatasi sesegera mungkin. Tak perlu menggunakan bantuan obat tertentu, insomnia juga dapat kamu atasi secara alami dan lebih aman.
Untuk kamu yang merasa sulit tidur di malam hari. Maka beberapa cara ini bisa menjadi pilihan untuk mengatasi gangguan insomnia kronis secara lebih aman terutama untuk kesehatan tubuh. Apa saja itu? Berikut 24 cara mengatasi insomnia secara mudah dan ampuh.

24 Cara Mengatasi Insomnia Kronis Paling Mudah dan Ampuh
1.      Atur Pola Tidur
Untuk kamu yang memiliki kebiasaan begadang atau tidur larut malam, maka sebaiknya tinggalkan kebiasaan buruk tersebut. Orang yang mengidap gangguan sulit tidur sebenarnya bisa saja terjadi akibat pola tidur yang kurang teratur atau kebiasaan buruk yang sering dilakukannya.
2.      Hindari Makan Sebelum Tidur
Makanan di jam malam selain tidak baik untuk kesehatan, ternyata efeknya juga kurang baik untuk mereka yang sulit tidur. Saat perut terasa kenyang tentu mereka akan melakukan berbagai macam cara agar dapat menguranginya. Maka hindari makan sebelum tidur.
3.      Hindari Minuman Berkafein
Jika kopi dipercaya dapat membuat orang jadi betah melek, maka sebaiknya hindari minuman ini untuk kamu yang merasa memiliki gangguan insomnia. Namun jika sulit, kamu bisa mengatasinya dengan menghindari minum kopi di atas jam-jam siang menjelang sore.
4.      Hindari Minuman Beralkohol
Jika kamu memiliki kebiasaan suka minuman yang beralkohol, maka sebaiknya hindari minuman ini untuk menyamankan tidur kamu. Cara mengatasi insomnia tanpa obat ini juga bisa menjadi cara yang efektif untuk memiliki pola tidur yang lebih teratur.
5.      Beri Kenyamanan di Ruang Tidur
Kenyamanan tempat tidur juga dapat menjadi cara mengatasi insomnia dengan mudah. Jika sebelumnya kamu merasa sulit tidur akibat posisi tempat tidur yang kurang nyaman. Maka ubahlah posisi tempat tidur yang membuat tidur terasa lebih nyaman.
6.      Atur Pencahayaan
Jika kebanyakan orang suka lampu yang terang untuk menemani tidurnya, maka cobalah untuk mengatur pencahayaan dengan sedikit gelap. Karena dengan keadaan ruang yang gelap dijamin tidur akan terasa lebih nyenyak.
7.      Atur Dekorasi Kamar
Cara mengatasi insomnia akut berikutnya bisa kamu lakukan dengan mengatur dekorasi kamar. Jika sebelumnya kamar memiliki dekorasi yang sedikit mencolok, maka ubahlah dengan warna dekorasi yang lebih soft.
8.      Hindarkan dari Perangkat Elektronik
Jika sebelumnya kamu selalu tidur dengan posisi handphone yang berdekatan karena tak mau ketinggalan informasi apapun. Maka cobalah untuk sedikit menjauhkannya dari posisi tidur kamu. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi insomnia.
9.      Fentilasi Kamar yang Cukup
Ternyata fentilasi udara juga sangat berpengaruh pada kenyamanan tidur seseorang. Jika sebelumnya kamar kamu terasa lebih sesak karena tidak ada fentilasi udara yang masuk. Maka cobalah memberi sedikit ruang fentilasi agar udara bisa keluar masuk.
10. Olahraga Sebelum Tidur
Cara mengatasi insomnia paling mudah ini dapat kamu lakukan dengan melakukan olahraga ringan sebelum tidur. Dengan melakukan gerakan-gerakan ringan tentu tubuh pun juga akan terasa lebih rileks dan tidur pun juga akan terasa lebih nyaman.
Cara Mengatasi Penyakit Insomnia Lainnya
11.   Buat Jadwal Tidur
12.   Minum Susu Hangat
13.   Terapi Meditasi
14.   Hilangkan Pikiran Strees
15.   Mengkonsumsi Buah dan Sayur
16.   Konsumsi Makanan yang Tinggi Magnesium
17.   Konsumsi Makanan yang Mengandung Trytophan
18.   Gunakan Bau Bunga Lavender
19.   Santap Makanan Kudapan
20.   Makan Kue Coklat
21.   Hindari Kebiasaan Main Game Sebelum Tidur
22.   Buat Diri Senyaman Mungkin
23.   Jauhkan dari Pikiran yang Membebani
24.   Terapi Herbal
Memiliki masalah gangguan insomnia? 24 cara mengatasi insomnia secara alami di atas dapat menjadi cara untuk menghilangkan gangguan sulit tidur. Kamu bisa melakukan cara di atas secara rutin untuk menghilangkan kebiasaan kamu yang sulit tidur di malam hari.