Inilah 5 Tips Belanja Akhir Tahun Agar Lebih Hemat -->

Inilah 5 Tips Belanja Akhir Tahun Agar Lebih Hemat

Amara

Di dunia ini siapa yang tidak senang dengan banyaknya diskonan  ? Apalagi saat barang – barang yang kita butuhkan murah harganya. Anda mungkin menyadari bahwa harga – harga murah hanya ada di momentum penting. Misalnya hari raya idul fitri dan akhir tahun. Berbagai produk bersaing untuk diburu konsumen dengan harga murah. Agar tidak merugikan anda, ketahui dulu tips belanja akhir tahun.

Akhir tahun dimanfaatkan betul oleh banyak pihak dalam mencari banyak pembeli. Sebab, tidak sedikit keluarga yang berlibur, berbelanja dan menyambut tahun baru dengan suka cita. Jika tidak pintar dalam mengelola keuangan, bisa saja anda hanya merasa menyesal setelah banyak belanja. Berikut merupakan tips belanja diskon akhir tahun untuk anda simak.

Inilah 5 Tips Belanja Akhir Tahun Agar Lebih Hemat

1. Cek keuangan

Sebelum berbelanja, pastikan dulu bagaimana kondisi keuangan anda. Jika anda rela berhutang hanya untuk mendapatkan barang diskonan di akhir tahun, piker lagi seribu kali. Anda bisa menerapkan magical shopping account untuk cek saldo. Jadikan besaran saldonya sebagai acuan anda tentang berapa besar nilai belanja anda nanti.

2. Catat Kebutuhan Anda

Akhir tahun berbarengan dengan perayaan Natal. Untuk yang merayakan pasti membutuhkan persiapan banyak hal. Seperti pohon natal, hadiah untuk keluarga, perlengkapan rumah dan aneka kue. Anda bisa menjadikan diskon akhir tahun dengan berbelanja kebutuhan anda. Agar tidak kalap, catat apa yang akan anda beli.

3. Bandingkan Harga

Tips belanja akhir tahun selanjutnya adalah membandingkan harga. Jika anda belanja suatu produk melalui online, cari produk sama di toko berbeda. Anda bisa membandingkan harganya dan hitung biaya pengiriman. Jangan lupa untuk melihat kualitas barang dan kredibilitas penjual. Jika sudah sesuai dengan apa yang anda harapkan, anda bisa membelinya.

4. Ketahui Harga Aslinya

Sebagai wanita yang juga menjadi ibu rumah tangga, tentu anda dituntut untuk mengelola keuangan sebijak mungkin. Dalam hal belanja akhir tahun, anda bisa telit dalam membeli barang-barang kebutuhan. Jika anda menemukan diskon besar – besaran akhir tahun, anda bisa cek dulu harga asli barang tersebut. Bisa menggunakan browser atau bertanya ke toko lain. Bisa jadi diskon besar hanya siasat dari penjual barang tersebut.

4. Gunakan Uang Tunai

Selanjutnya, tips belanja akhir tahun kali ini tentang menggunakan uang tunai. Saat berbelanja tentu sekarang kita diberikan pilihan yang memudahkan seperti menggunakan kartu kredit. Memang kartu kredit bisa menjadi penolong di waktu mendesak, tetapi anda perlu hati – hati dalam penggunaannya. Lebih baik anda membawa uang tunai saat berbelanja agar tidak berlebihan. Bisa juga membawa kartu debit karena saldo akan langsung terpotong.

5. Kualitas barang

Bukan rahasia kalau barang diskonan selalu diincar. Tetapi anda juga harus tahu bahwa kebanyakan barang yang mendapat sale besar adalah barang sisa. Meskipun tidak semua, anda bisa mendapatkan barang berkualitas bagus dengan lebih teliti sebelum membeli. Tidak hanya tergiur harganya, cek kualitas barang yang akan anda beli.

Tips belanja diskon akhir tahun sangat kita butuhkan agar tidak mengalami overbudget. Ini bisa menjadi penolong anda dalam memenuhi kebutuhan dengan harga murah dan kualitas tetap mewah. Semoga bermanfaat.