13 Template Premium Blogger Paling Banyak Digunakan -->

13 Template Premium Blogger Paling Banyak Digunakan

Redaksi

Template Premium Blogger ialah rancangan tampilan atau tema eksklusif sebuah blog yang berisi script atau koding tertentu yang berbentuk XML file yang didesain oleh seseorang dan diperjualbelikan dengan jaminan esensi premium yakni unlimited update serta custom setting. Baik itu pengaturan umum berupa posisi menu, jenis huruf serta warna template hingga pengaturan tata letak ads yang telah di setting sebelumnya oleh pencipta template.


Kita sekarang hidup di era digital dimana akses informasi dapat di dapat dengan sangat cepat, tak terbatas dan unlimited. Hal ini menjadi mungkin karena adanya teknologi raksasa Google sebagai mesin pencari.


Nah, mengingat banyaknya kebutuhan informasi dan juga meningkatnya aktivitas yang melibatkan mesin pencari di Internet, maka Informasi berupa artikel dan media lainnya kini banyak tersaji melalui para blogger.


Blog adalah sebuah website atau platform yang menyajikan informasi tertentu. Dan orang yang melakukannya sering disebut blogger. Tentu setiap blogger mempunyai alasan yang berbeda beda dalam membuat dan menyajikan sebuah blog atau website, baik untuk tujuan komersil ataupun hanya sebatas pembuat konten untuk Google.


Dari jutaan Blog yang tersebar di internet dan dengan berbagai platform penyedia.Salah satu platform yang paling populer untuk membuat sebuah web adalah Blogger atau Blogspot, yang merupakan sebuah platform besutan raksasa teknologi search engine yaitu Google.


Jika Anda terfikir untuk mencoba hal ini, Blogger sangat rekomended untuk di coba karena gratis dan juga cukup mudah untuk di pelajari. Karena, untuk mempunyai sebuah website atau blog kini tidak harus menguasai sepenuh tentang script HTML atau istilahnya Koding.


Dahulu memang iya, namun sekarang banyak para pakar koding justru menyajikan Template blogget untuk kita gunakan. Template disini adalah tata letak bagian-bagian dalam suatu blog atau website yang sudah di tentukan oleh si pembuat template. Sehingga, harapannya adalah bagi para pemula yang tertarik untuk membuat atau mempunyai sebuah blog atau website bisa langsung mempelajari dan membuatnya secara mandiri tanpa harus mempelajari dari awal tentang koding.


Namun perlu diketahui juga bahwa, template blogger ini juga di pakai oleh para blogger profesional, karena pada intinya memang sangat berguna untuk mempercepat prosesnya. Dalam proses pembuatan suatu blog melalui platform Blogger, Anda mempunyai banyak pilihan template yang tersedia bahkan ribuan template, jadi Anda memilih template mana yang sesuai dengan kesukaan Anda.


Ribuan template blogger ini di kembangkan oleh banyak developer baik lokal maupun luar negeri dan mudah di temukan karena memang banyak tersebar di Internet. Template blogger bisa Anda dapatkan dan install dengan mudah, dan memiliki fitur-fitur yang bisa anda sesuaikan saat melakukan pendesainan blog, namun dalam kelengkapan fitur ini Ada yang gratis dan juga premium.


Untuk penjelasan lebih detail dan jelas kami berikan ulasanya informasinya pada artikel ini.


Template Gratis vs Template Premium

Untuk Anda yang masih awam, patut di ketahui bahwa template untuk blogger ada 2 pilihan yakni versi gratis dan premium. Yang membedakan adalah bagi template gratis anda hanya tinggal pilih lalu install saja, sedangkan untuk versi premium harus di lakukan pembayaran terlebih dahulu baru bisa di gunakan.


Seperti halnya sebuah produk, selalu ada yang berbeda satu sama lain dari sisi kelebihan dan fitur yang di dapat dari versi gratis dan berbayar. Namun, keduanya bisa di gunakan tergantung kebutuhan Anda. Untuk lebih jelas dipahami, inilah yang membedakan antara template gratis dan premium. Ciri khas template gratis:


  1. Bisa dengan mudah ditemukan dan didapatkan di beberapa web atau blog di internet ataupun dari platform bawaan blogger sendiri, karena biasanya mereka tersebar dimana-mana.
  2. Fungsi atau fitur yang di sediakan biasa saja, tidak leluasa untuk melakukan setting tampilan template, dan tidak ada setting untuk ads.
  3. Dari sisi tampilan terlihat biasa dan terlalu familiar karena template gratis banyak digunakan oleh blogger lain.
  4. Biasanya tercantum link pembuat atau penyedia template pada tampilan website anda, hal ini semacam watermark jika pada gambar atau aplikasi.
  5. Kemanan cukup lemah, bisa mudah diserang oleh virus atau script tertentu yang merusak blog Anda. Sehingga berpotensi disusupi oleh script berbahaya yang disematkan oelh pembuat template. Dan script tersebut tidak disadari ataupun langsung diketahui ketika pertama kali install.


Nah, selanjutnya adalah beberapa poin yang membedakan Premium dengan yang gratis:


Sesuai dengan peribahasa “ ada harga maka ada kualitas” , pembuat template mendapatkan uang dari hasil penjualannya tentu sebagian di gunakan dalam peningkatan fitur dan kemampuan Template dalam hal Kecepatan, SEO, tampilan dan juga kustomisasi bagi penggunanya.


  1. Tampilan lebih menarik Tampilan template premium biasanya lebih menarik, berwarna dan tidak biasa dalam desainnya, maka ada biaya untuk mendapatkannya. Harus dipahami bahwa mendesain sebuah template perlu waktu dan biaya yang tidak sedikit karena membutuhkan ahli skrip yang mengerti berbagai aspek berkaitan dengan User experience dan juga keamanan. Apalagi jika Anda menginginkannya dengan tujuan dagang ataupun profil perusahaan, tentunya harus yang benar-benar bagus.
  2. Dukungan dari pembuat Theme, Ini adalah salah satu pembeda yang mencolok antara template blogger gratis dan berbayar. Anda akan mendapat update biasanya secara berkala biasanya berupa fitur baru ataupun penyesuaian performa website terhadap perubahan algoritma google. Tentu ini akan sangat memudahkan dan memaksimalkan blog Anda dalam bersaing di Mesin pencari maupun pengalaman yang di dapat pengunjung.
  3. Selain itu, biasanya kita juga bebas berkonsultasi dengan tim si pembuat template dalam hal fitur ataupun pengalaman Anda dalam penggunaan. Perlu di catat bahwa, support seperti ini biasanya minimal di berikan 1 tahun pada pengguna.
  4. Bisa di sesuaikan secara mandiri oleh pengguna, Template premium biasanya tidak di -encode oleh developernya, sehingga jika Anda sedikit mengerti tentang kode HTML maka bisa mencobanya untuk menyesuaikan dengan keinginan Anda. Hal ini berbeda dengan template versi gratis dimana sudah di kunci di bagian skripnya sehingga tidak bisa di ubah.
  5. Kemanan, Seperti yang sudah di bahas di awal artikel bahwa , versi gratis biasanya lebih lemah dari sisi keamanan. Dalam hal ini adalah keamanan dari serangan Virus, malware dan semacamnya. Hal yang paling umum terjadi adalah adanya iklan yang tidak di inginkan terlihat oleh pengguna saat mengunjungi blog kita padahal kita tidak memasangnya. Tentu untuk versi berbayar akan di tanamkan dan di update secara berkala tingkat keamanannya, sehingga bisa di pastikan aman dari berbagai gangguan hal tersebut.


Nah, pertanyaan yang timbul selanjutnya adalah dimanakah kita bisa mendapatkan tips terbaik atau rekomendasi tempat mendapatkan template blogger premium?


13 Tempat pembelian template premium blogger paling rekomended

Setelah sedikit kita ulas mengenai blogger dan informasi mengenai templatenya, mari kita bahas hal inti dari artikel ini yaitu dimana saja Anda bisa dapat template premium terbaik untuk blog Anda. Jangan ragu untuk melihat, berkonsultasi atau menentukan para penyedia yang kami list pada artikel ini, karena template yang di sajikan sudah teruji dan baik dari sisi kualitas dan harga.


Template by Sugeng. id

Sesuai dengan nama pembuat yaitu mas Sugeng, tanpa perlu di ragukan lagi template yang di sajikan merupakan salah satu template premium terbaik buatan Indonesia. Bagaimana tidak, di dunia blogger dan pakar SEO sendiri, nama mas sugeng begitu dikenal karena keahliannya dalam SEO.


Template Sugeng.id dikenal karena kualitasnya yang baik dari sisi SEO, kecepatan dan juga tampilannya. Itulah mengapa kita menaruh Sugeng.id pada urutan pertama. Berikut beberapa template yang di sediakan oleh Sugeng.Id:


LinkMagz

Template Linkmagz di luncurkan pada tahun 2020 dengan tampilan modern dan menyerupai template Wordpress, tersedia fitur mode malam dan tombol back to the top, yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung situs. Template Linksmagz dapat di install dibeberapa blog hanya dengan membeli satu kali lisensi serta akan mendapatkan update unlimited apabila ada pembaharuan fitur.


Harga dari template Linkmagz adalah Rp. 255.000,- atau $ 17,41 


Evomagz

Template ini bisa di bilang merupakan yang paling tua diantara yang lain karena telah lama di rilis sejak tahun 2014, dan merupakan produk yang paling laris, serta banyak diburu dan digunakan oleh blogger. Berkat template super ringan serta SEO friendly membuat template tersebut sering digunakan untuk daftar google Adsense


Harganya relatif murah yakni Rp 220.000,- atau $15,02


Viomagz

Ini adalah salah satu hasil karya Mas Sugeng Yang sangat populer karena kecepatan, tampilan yang simpel namun elegan. Bisa di bilang template ini paling banyak dibeli dan digunakan blogger. Karena kami sendiri pun membuktikan dengan install template tersebut, approve adsense lebih cepat disbanding menggunakan template lainnya.


Harga template ini Rp. 220.000,- atau $15,02


Vio Toko

Ini adalah template yang di desain dengan baik untuk toko online.Semua template yang di sebutkan di atas sudah mendapatkan update di awal tahun ini jadi di pastikan performanya sudah sangat baik dan mendukung SEO.


Harga template Rp 195.000 atau $13,31


Dan masih banyak lagi template karya sugeng,id yang bisa kalian beli dan dapatkan pada situs resminya.


Template by Kompi Ajaib

Sebelum sugeng.id template rancangan Kompi Ajaib lebih dahulu popular dan dikenal di kalangan blogger, ukurannya super ringan , tampilannya keren dan tentunya sangat rekomended untuk daftar adsense. Ada beberapa template terbaik yang di tawarkan seperti:


Kompi Fleksibel

Produk ini sudah sangat familiar dan cukup di kenal di dunia blogger karena sudah ada sejak lama. Meski begitu, hingga kini pun kompi fleksibel tetap terus mendapatkan pembaruan. Saat artikel ini dibuat, kompi fleksibel ini sudah mencapai versi 8.50 dan mendukung AMP maupun Non AMP.


Harganya berkisar $9 atau Rp. 132.000,-


NEW Tema KompiAjaib

Kita semua kaget karena template dari blog utama yakni kompiajaib.com dijual dan dapat digunakan oleh semua kalangan. Template ini begitu langka karena memadukan fungsi desain dengan AMP dengan kecepatan.


Harga template ini Rp.300.000,- atau $20,51


Tema kompi minimalis

Template ini benar-benar sesuai mengusung konsep minimalis karena menampilkan tampilan yang minimalis namun keren juga penggunaannya yang mudah dan juga tersedia dalam bentuk AMP atau Non AMP.


Kompi Text Aja

Ini adalah template yang benar-benar ingin memiliki blog super cepat, karena pada template ini blog di desain tanpa gambar di halaman utama. Sehingga tujuannya adalah mengutamakan kecepatan.


Harga dari Template ini cukup murah sekitar Rp 150.000 atau $12


Kiosiana

Sama seperti salah satu produk Mas Sugeng, Kompi aja juga menyediakan Template untuk Anda yang ingin membuat Toko Online. Ini adalah beberapa template yang di sediakan Kompi Aja, jika Anda tertarik untuk melihat produk lainnya. Maka Anda bisa mengunjungi websitenya langsung.


Harganya sekitar $12 atau Rp. 150.000,-


Template by IDBlanter

Pendiri dari penyedia template ini adalah Mas Rio Ilham Ilhadi, nama blanter sempat hype di kalangan blogger karena produk templatenya yang keren dan futuristik di awal tahun 2020. Berikut adalah beberapa template yang di sediakan:


Blanter Landing Pro

Ini adalah template unggulan yang secara khusus di desain untuk membuat tampilan depan atau landing page. Menurut kami, landing page buatan Mas Rio Ilham belum ada tandingannya. Sangat mirip dengan landing page wordpress premium, sehingga secara kasat mata orang akan bingung membedakan apakah template ini di flatform blogger atau wordpress ? kami pun merekomendasikan landing pro.


Harga template Rp 100.000 atau $ 6,84


Blanter Orbit

Template ini baru saja di rilis di tahun 2020 bulan November, template ini dikenal sederhana, juga kelebihannya yaitu bisa dipakai untuk post artikel dan berjualan sekaligus. Sehingga lebih powerfull dan fleksibel dari sisi performa dan efisiensi.


Harga resmi dari template ini adalah Rp 70.000,- atau $4,79


Template Blanter Tokoside

Template premium cocok untuk membuka toko online pada platform dan kami merekomendasikan template ini , karena kami menggunakannya untuk berjualan produk digital, desain e-commerce  menarik, fitur costumernya lengkap : ada check out , cek ongkir dan lain sebagainya. Tampilannya ini tidak kalah dengan Tokopedia, shopee dan lainnya.


Harga template ini adalah Rp120.000,- atau $8,20


Template by IDNTheme

Disini tempat untuk mendapatkan template premium hasil riset dari Arlina Desain. Template yang di tawarkan tersedia pada semua versi, baik itu AMP, landing page, news page hingga safelink. Berikut adalah rinciannya:


In SEO Pro

Sesuai namanya SEO pro, desain template ini memang menjawab semua kebutuhan akan SEO dimana user experience sangat diutamakan. Mulai dari tampilan template yang keren , fast loading, serta yang tak kalah penting penempatan posisi Ads yang presisi sehingga memaksimalkan pendapatan bagi blogger


Harga template Rp 100.000 atau $ 6,84.


Invert Pro

Template ini cocok untuk blog dengan konsep tutorial, dimana kami juga menggunakan template ini. Fitur tema sangat lengkap mulai dari custom template  setting, night mode, tombol back to the top, hingga ads setting yang begitu mudah untuk dilakukan bagi blogger pemula hingga professional. Kami sangat merekomendasikan invert pro untuk blog dengan tema tutorial. Tampilannya sangat ramah user dan kecepatan loadingnya jelas memenuhi semua ekspektasi


Untuk harga template Rp 100.000 atau $ 6,84


Infinite AMP

Para blogger tentunya pasti tahu bahwa tampilan AMP cenderung kaku dan sangat minimalis tampilannya karena tidak ada javascript didalanya sehingga beberapa fitur terbatas untuk dimasukan. Tetapi itu semua tidak berlaku bagi template ini. Dimana desainnya sama dengan template non AMP, custom adsnya juga ada, dan yang terpenting kecepatannya luar biasa, hanya 0,2 detik dan meraih GTMetrix A pada semua scorenya.


Harga resmnya Rp 70.000,- atau $4,79


Template by Themeindie

Ini adalah tempat dimana kita dapat membeli premium template hasil rancangan Bung Frangki, tema yang di tawarkan dikenal karena desain yang simpel, ringkas, dan memiliki kecepatan diatas rata – rata template premium lainnya. Dan inilah tema yang kami rekomendsasikan :


Simple Up

Desainnya minimalis, ada fitur back to the top, sangat SEO friendly, serta peletakan ads yang proporsional tentunya akan menambah income bagi pelaku adsense. Ini salah satu template favorit blogger dimana diinstall lebih dari 1 ribu blog.


Harga template keren ini Rp. 180.000,- atau $12


Viralisme

Bagi kalian yang tema atau keyword blognya tentang berita atau informasi viral. Tentu saja cocok untuk membeli dan menginstall template ini, bagaimana tidak. Letak elemen – elemenya tersusun rapi, memudahkan user untuk scroll dan menjelajah semua isi blog anda.


Harga yang ditawarkan untuk template premium ini Rp. 110.000 atau $8


Noname

Ini adalah template AMP pertama dan paling populer pada kalangan blogger, karena memiliki kemampuan mobile responsive dimana tema akan menyesuaikan dengan ukuran gadget , tampilannya simple, kecepatannya sekitar 0,3 detik dan yang paling penting score pagespeed Googlenya 98 atau A.


Harga template ini di jual Rp. 110.000 atau $8


Template by Goomsite

Ini merupakan salah satu penyedia theme premium yang mengikuti perkembangan zaman. Dimana template yang ditawarkan mencakup semua keyword blog yakni : tutorial, AMP , landing page, news atau magazine dan sebagainya. Sehingga cukup berkunjung ke Goomsite anda dapat membeli tema untuk semua jenis blog.


Template Gnews

Sesuai dengan namanya, template ini di desain khusus untuk Anda yang ingin membuat blog dengan konten berita baik lokal maupun nasional.Anda akan dimanjakan dengan tata letak tema yang menarik, loading page cepat dan yang paling penting tersedia custom ads setting. Kami merekomendasikan template GNews ini dan telah memakainya hampir 2 tahun pada NewsIndonesia.net


Harganya dibaderol Rp. 100.000,- atau $6,84


Charon

Cocok sekali untuk blog dengan niche tutorial. Desainnya elegan, elemen – elemenya tersusun rapi dan fungsional.


Cukup dengan harga Rp. 100.000,- atau $6,84 anda dapat memilikinya.


Template the rental

Ini adalah template yang cocok untuk Anda yang ingin membuka usaha rental secara online, layout dan user experience yang di tampilkan sangat cocok untuk mendukung usaha tersebut. Dengan tema ini Pekerjaan Anda akan terlihat lebih profesional dengan


Harga templatenya hanya Rp. 100.000,- atau $ 6,84


Template by Tema Banua

Adalah desainer tema asal Kalimantan khususnya daerah Binuang Kabupaten Tapin. Template yang disediakan sungguh unik dimana terdapat :


Blogpe Theme

Template yang sangat mirip dengan shopee ini cocok buat anda yang sedang merintis usaha jual beli online, desainnya 98% mirip sehingga orang akan familiar untuk berkunjung ke blog anda


Harga yang diajukan sebesar Rp. 220.000,- atau $15


Blogpedia Theme

Mendengar namanya saja tentu anda pasti tau , desain template ini jelas mirip sekali dengan Tokopedia, warna temanya yang hijau dan strukturnya sama persis dengan Tokopedia. Ditambah lagi ada fitur add to chart dan check out produknya yang amat keren sangat cocok untuk blog komersial.


Cuman seharga Rp. 220.000,- atau $15


Template by Maha Template

Maha template menyediakan berbagai pilihan tema sosial media dan search engine dengan tampilan kekinian yang dikonversi kedalam blogger template , kami rangkum sebagai berikut:


Template New Line Today

Sudah bisa di tebak dari namanya, tema ini mirip dengan LineToday, hanya saja yang ini lebih fresh dan simpel. Tentunya adsense sangat menyukai template yang simple dan strukturnya SEO.


Nominal yang harus di bayarkan untuk mendapatkan template ini adalah Rp.90.000,- atau $6


Template Goizen

Desain dari tema ini lebih mengikuti Google, jadi lebih seperti mesin pencari. Sehingga memang sangat tidak biasa, tema ini mendukung AMP dan non AMP.


Harga template keren ini Rp.100.000,- atau $6


Template by XML Themes

Themes yang di sediakan XML sangat familiar karena memang banyak penggunanya, tampilan yang di tawarkan mirip layaknya Media Besar. Sehingga jika Anda ingin membangun sebuah blog media besar bisa dimulai dengan template yang mumpuni. Berikut beberapa Tema yang di sediakan:


Channels tv

Tema ini sangat lengkap dan kekinian, jika di ibaratkan, ini seperti kombinasi antara layanan website berita, sosial media juga youtube. Karena di dalamnya berisi highlights seperti di Instagram, list video seperti di youtube, dan juga layout seperti berita. Nominal yang di tawarkan lebih tinggi dari yang lain namun tentunya sangat sepadan dengan apa yang di dapat.


Harga yang ditawarkan Rp. 493.000,- atau $34


Kompasweb

Tampilannya sangat menyerupai website kompas, jika Anda berencana membangun sebuah media informasi untuk wilayah anda, maka tema ini cocok untuk Anda.


Tema ini bisa di dapat dengan harga Rp 393.000,- atau $27


Detikweb

Tema ini lebih meniru visual seperti situs detik.com namun untuk versi terbaru yang lebih minimalis dan fresh.


Nominal yang harus di bayar Rp.393.000,- atau $27


Template dokter SEO

Tema ini lebih cocok untuk blog yang membahas informasi seputar kesehat da gaya hidup sehat, misalnya bisa Anda lihat situs Alodokter, dan tampilan dari tema ini sama persis dengan web tersebut.


Harganya Rp.393.000,- atau $27


Bila kita lihat, tema dari XML lebih di peruntukan untuk Anda yang ingin memfokuskan atau menaikan pamor Anda sebagai profesional. Jika ingin melihat lebih banyak silah kunjungin web resmi mereka di XMLthemes.com


Template by Igniel

Igniel adalah seorang Template Maker yang juga seorang penulis, hobinya yang tinggi untuk travelling dan berpetualang menjadikannya seorang travel blogger dan juga menghasilkan desain tema yang bagus.


Igniplex adalah tema dengan tampilan yang unik, fresh dan super kreatif, Anda bisa melihat dan memilih situs resminya.


Harga  yang harus di bayar ada Rp 230.000 atau $16


Template by ElCreative Themes

Template blogger ini di desain oleh Mas Yasya El Hakim, ada beberapa template yang sangat baik dan di rekomendasikan tersedia di ElCreative Themes sebagai berikut.


Materia X2 Premium

Ciri khas dari tema ini adalah desain yang simpel dan dengan dominasi warna putih, dan khas dengan 3 kolom.


Adapun harga yang ditawarkan yakni Rp.350.000,- atau $24.


Google play V2

Sesuai dengan namanya, desain ini cocok untuk Anda yang ingin mempunyai blog dengan niche apps maupun game. Template ini sangat mirip dengan tampilan playstore.


Harga templatenya  Rp.300.000 atau $21


Template by Jago desain

Jago desain saat ini lebih di kenal di kalangan blogger karena tema nya yang super cepat, jika Anda adalah Blogger atau ingin fokus pada SEO maka tema dengan Fast loading, ini bisa jadi pilihan utama Anda. Ada 2 pilihan Template dari jagi desain yang bisa anda pilih yaitu:


Fletro Pro

Menarik dan elegan, itu adalah kesan dari template sari jago desain ini. Sejauh sudah ada pembaruan tema ini ke v5.5. Harga yang harus di bayar untuk mendapatkan template ini adalah Rp.120.000,- atau $8


Median UI

Theme ini sangat cocok untuk blog dengan konten atau niche berita dengan layout dominan 3 kolom, loadingnya kurang dari 1 detik serta didukung dengan tampilan yang futuristik.


Untuk mendapatkan tema ini anda perlu membayar Rp.130.000,- atau $9


Template by Theme62

Theme62 adalah pembuat template yang berkualitas dengan desain yang lucu, Sejauh ini mereka telah mengembangkan 2 template yaitu :


Avia dan Minimalite dengan harga Rp 249. 000 atau $18


Tips benar dalam memilih Template Premium Blogger

Mungkin jika Anda masih awam, meski sudah membaca artikel ini sampai akhir namun tetap bingung template seperti apa yang sebenarnya Anda butuhkan, Kami infokan beberapa Tips benar memilih template agar setidaknya Anda mempunyai acuan dalam memilih tema yang tepat.


Pahami kebutuhan Anda

Hal ini sangat penting karena menyangkut kemudahan Anda saat menjalankannya, misalnya anda ingin mempunyai blog untuk bisnis Travel, maka Anda harus memilih tema yang fit dengan fitur pembayaran online, atau Anda ingin menjual suatu produk, maka Anda akan membutuhkan tema dengan landing page.


Sistem Terupdate

pemahaman istilah terupdate disini adalah update baik dari segi fitur, kemanan ataupun performa. Dunia internet terutama berkaitan dengan mesin pencari saat ini begitu dinamis. Maka penyesuaikan secara rutin harus terus di lakukan. Maka pilihlah template yang melakukan update secara rutin.


Pelayanan yang baik

Pelayanan terhadap pelanggan tidak hanya berlaku untuk yang sudah mahir saja, bagi pemula pun sangat perlu. Terutama menyangkut pemakaian template secara maksimal, meski support nya tidak akan sama di setiap pengembang, namun pilihlah yang paling tanggap dan cepat dalam menanggapi setiap pertanyaan Anda.


Akhir kata

Dari semua template yang di sajikan tentunya tidak ada yang sempurna, ada kekurangan kelebihannya baik dari sisi performa, harga ataupun penampilan. Maka. Lebih baik pahami dulu kebutuhan dan kemampuan Anda, dan semoga saha daftar rekomendasi template blogger yang kami bahas bisa bermanfaat untuk anda.