Facebook dan Fitur Barunya Tahun 2022

Facebook dan Fitur Barunya Tahun 2022

Jika dahulu, sebelum teknologi internet belum masif seperti sekarang ini, pengguna internet masih minim data pengguna masih bersifat temporer juga random. Sangat berbeda halnya dengan sekarang, pengguna yang masif juga privacy data pengguna menjadi salah satu perhatian setiap platform kepada penggunanya.


Data pengguna saat ini bisa di salah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, maka perusahaan besar seperti Facebook dan Fitur Barunya di tuntut untuk bisa menjamin hal tesebut. Tampaknya hal ini telah menjadi salah satu prioritas bagi facebook, mengingat penggunanya kini telah mencapai 2,8 miliar manusia.



Atas dasar tersebut, Facebook dan Fitur Barunya telah menyediakan beberapa layanan terkait dengan keamanan data Privacy. Silakan ikuti artikel ini sampai akhir karena kami akan membahas mengenai Facebook fitur barunya dalam hal kemananan privacy data bagi pengguna.


Fitur mengelola Privacy di Facebook
dalam hal ini, setidaknya ada 6 fitur yang menyediakan pengguna Facebook agar bisa mengelola mengawasi kemanan data mereka, sehingga diharapkan akan meningkatkan pengalaman dalam pengunaan Facebook.

Privacy Check up

Dalam fitur privacy check up, Anda sebagai pengguna bisa menyesuaikan beberapa pengaturan dalam performa akun Facebook Anda. dalam hal ini, ada 4 hal yang bisa terkait Privacy yang bisa Anda kontrol yaitu:

  • Visibilitas akun pengguna
  • Pengaturan dalam menjaga keamanan akun.
  • Mengatur bagaimana orang lain dapat menemukan Anda
  • Dapat mengelola website atau aplikasi lain terhubung dengan akun Facebook Anda

Jika ingin menggunakan fitur keamanan ini, Anda perlu mengakses Facebook, lalu buka " Pengaturan privasi " lalu pilih "Privacy Shortcut ", pilih "privasi check up". 


Access Your Information

Seperti yang kita semua tahu, saat ini salah satu sumber penghasilan Facebook dan Fitur Barunya adalah dengan cara menyediakan layanan produk, iklan yang di sesuaikan dengan data pengguna yang telah di himpun oleh Facebook. Dengan Memanfaatkan data yang di miliki, penargetan iklan penentuan produk memang lebih akurat dak efisien.


Nah, Facebook dan Fitur Barunya memungkinkan pengguna bisa meninjau ulang atau melihat informasi pribadi apa sajakah yang telah di himpun oleh Facebook.


Untuk bisa mengakses Fitur ini, Anda harus masuk ke halaman Facebook, lalu menuju "Pengaturan Privasi" lalu pilih pengaturan terakhir klik " Access your Information".


Pada tampilan "Akses informasi Anda", Anda akan melihat beberapa kategori data yang Anda bagikan di Himpun oleh Facebook seperti post, Komen, atau aktivitas di messengger lainnya.S elain itu, ada juga kategori data yang bersifat pribadi seperti informasi personal misalnya Informasi login, kontak, informasi data login aplikasi atau website lain yang tertaut dengan Facebook Anda.


Selain bisa meninjau mengatur data, dalam halaman Access Your Information ini juga memungkinkan pengguna untuk mengunduh data pribadi tersebut.


Ads Control

Facebook memang menghadirkan iklan yang sebagai pendapatannya, data pengguna yang di miliki dimanfaatkan untuk lebih efektif dalam menghasilkan iklan tertarget. Meski begitu, Facebook tetap memberikan pilihan kepada pengguna untuk bisa melihat atau tidak iklan yang muncul dengan adanya fitur "why am i seeing this" (mengapa saya melihat ini?).


Fitur berada di kanan atas pada iklan, dengan mengklik fitur tersebut, pengguna mengetahui apa alasannya. Tentu hal ini di karenakan informasi profil pengguna yang di miliki Facebook sesuai dengan preferensi iklan yang di tayangkan. Namun fitur tersebut juga memungkinkan Anda bisa menyembunyikannya jika dirasa menggangu.


Off Facebook Activity

Kita semua tahu, bahwa kita bisa login atau melakukan aktivitas dengan aplikasi atau website lain di luar dengan menggunakan akun facebook.

Data aktivitas tersebut tentu terekam di himpun oleh pusat data Facebook, Dengan Fitur ini Anda bisa mengatur hal tersebut jika dengan mengakses halaman Facebook, lalu pilih "pengaturan privasi" pilih "settings" terakhir klik "Off Facebook Activity" . Dengan begitu, Anda melihat bahkan menghapus semua riwayat aktivitas di luar Facebook.

Pemindahan penyimpanan data

Semua data yang Anda unggah baik sebagai post, caption, gambar ataupun video semua terkumpul ada pada Facebook. Meski, data tersebut aman bisa di akses kapan pun namun bila anda menginginkannya tersimpan pada platform lain, maka fitur ini memungkinkan anda untuk mentransfer data tersebut misalnya ke google drive atau dropbox.

Sehingga Anda punya data cadangan, merasa lebih aman juga terjaga privasi.


Kesimpulan

Dalam hal privacy data pengguna, kini menjadi salah satu indikator dalam penentuan baik atau tidaknya layanan atau produk baru pada Facebook. Jadi, setiap ada produk atau layanan baru Facebook akan menyertakan proses "privacy review".


Dengan 1000 pegawai yang secara khusus memetakan risiko privacy dalam proses ini, memastikan bahwa Facebook tetap menjaga keamanan kenyamanan pengguna. Facebook menyadari hal ini sangat mendasar menjadi tolak ukur untuk sebuah perusahaan platform terbesar di dunia layak atau tidaknya.

Baca Juga