Cara Agar Dapat Nilai 90 - 100 dalam Diskusi UT -->

Cara Agar Dapat Nilai 90 - 100 dalam Diskusi UT

Redaksi
Nilai 90 - 100 mendapat kategori A pada setiap mata kuliah online UT, bagi anda yang ingin mendapatkan nilai tersebut, maka persiapkan 3 hal ini : 1) Buku bahan ajar materi pokok (BMP) / digital, 2) Google, 3) Pemahaman pada pertanyaan dan trik menjawab soal.
Dalam menjawab soal diskusi maka sangat ditekankan : pendapat pribadi, contoh / implementasi, sumber valid dan juga kesimpulan. Baiklah langsung saja.

Cara Agar Dapat Nilai 90 - 100 dalam Diskusi UT




1. Login ke akun UT elearning anda. Pada dashboard > nama anda > grades / nilai. Perhatikan nilai saya 90 (bukan sombong) untuk diskusi. 

2. Kita menganalisa pertanyaan diskusi : 
  • kotak warna ungu = tanggal dan waktu diskusi muncul.
  • kotak orange = point utama pertanyaan yakni menurut pendapat anda (meskipun diambil dari teori tapi anda wajib memberikan pendapat pribadi).
  • kotak merah pertama (benang merah, artinya itu adalah clue agar nanti jawaban anda nyambung, misalnya definisi hukum yang relevan dengan indonesia, artinya anda jangan sampai mencari teori yang terlalu UMUM, buatlah spesifik).
  • kotak merah kedua (fungsi dan tujuan hukum yang di terapkan di indonesia) jadi jelas pertanyaan diskusi tentang hukum, fungsi dan tujuannya, namun sesuai dengan keadaan di Indonesia.
3. Lalu bagaimana cara saya menjawab ?


  • kotak kuning = setelah diskusi dimulai, saya langsung merespon (dari segi waktu tutor akan melihat keaktifan pertama dan pendapat pertama (tidak plagiat)
  • garis merah = saya selalu menjawab sesuai langkah analisa diatas dan menyertakan sumber valid dan waktu aksesnya.
  • garis ungu = itu adalah kenyambungan antara definisi yang saya buat dengan point berikutnya, jangan sampai definisi anda bagus, namun fungsi =nya gak nyambung.
  • garis biru = meskipun dalam beberapa soal tidak diminta menyimpulkan dan memberi contoh. Akan tetapi disanalah tutor akan melihat usaha dan ciri khas saya.
dengan mengikuti pedoman diatas pada akhirnya NILAI saya dalam diskusi 90 (kurangnya saya, sudah ada 4 orang peserta diskusi yang menyatakan pendapat mereka, belum mengerti penyusunan kata / kalimat sederhana dan jelas untuk tugas.



4. Lalu saya pun melihat komentar dari tutor pada salah satu peserta. Dan benar saja ada hal yang ketinggalan yaitu sumber. Sehingga nilai dia (meskipun pertama menjawab) jauh lebih rendah dibanding nilai saya.


Demikian yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk terus berlatih menjawab soal.