12 Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami Tanpa Obat -->

12 Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami Tanpa Obat

Amara
Cara Mengatasi Asam Lambung – Pernahkan kamu mengalami perut sakit, perih dan terasa tidak nyaman? Mungkin keadaan tersebut merupakan salah satu gejala asam lambung naik. Asam lambung adalah sebuah cairan yang diproduksi oleh tubuh untuk membantu proses pencernaan makanan dan minuman yang masuk ke lambung.
Jika jumlahnya normal tentu tidak ada masalah seperti perut yang sakit, perih dan sebagainya. Namun jika tubuh memproduksinya secara berlebih itulah yang membuat seseorang mengalami sebuah kondisi yang tidak nyaman pada bagian pencernaannya. Apabila masalah tersebut terjadi apa yang harus dilakukan? Berikut cara mengatasi asam lambung yang naik dan terasa sakit.
12 Cara Mengatasi Asam Lambung Secara Alami Tanpa Obat

1.      Minum Susu Segar

Susu adalah minuman yang tinggi akan kalsium dan zat besi serta dapat menurunkan kadar asam lambung yang berlebih. Dengan mengkonsumsi susu segar murni tanpa campuran, maka PH akan meningkat dan mampu menurunkan kadar asam lambung yang tinggi.

2.      Minum Teh Hangat

Cara mengatasi asam lambung yang berlebih bisa kamu turunkan dengan minuman teh hangat. Senyawa khusus yang terdapat dalam teh mampu menyeimbangkan produksi asam lambung dengan sangat cepat. Ingat jangan minum teh dalam keadaan panas karena hal ini justru mampu meningkatkan asam lambung, namun minumlah teh dalam keadaan yang hangat.

3.      Makan Buah Pisang

Buah pisang adalah buah yang begitu baik untuk tubuh karena kandungan kalium yang begitu tinggi. Saat asam lambung naik, kamu bisa meredakannya dengan makan buah pisang secukupnya untuk memberikan kenyamanan pada pencernaan.

4.      Makan Buah Apel

Seperti halnya buah pisang, apel juga mampu menurunkan produksi asam lambung dalam sistem pencernaan. Enzim yang terkandung dalam buah apel mampu menyeimbangkan asam lambung dengan sangat cepat.

5.      Makanan Jahe

Ramuan tradisional ini juga mampu meredakan asam lambung yang meningkat. Bahkan jahe juga menjadi obat andalan untuk menyembuhkan sakit perut terutama saat asam lambung naik. Makanan sepotong jahe untuk meredakannya.

6.      Konsumsi Bayam

Jika kamu memiliki keluhan asam lambung yang tinggi, maka seringnya mengkonsumsi bayam bisa menjadi cara yang tepat mengatasinya. Cara mengatasi asam lambung tanpa obat ini begitu efektif sekaligus memberikan gizi yang baik bagi tubuh.

7.      Makan Ikan Tuna

Kandungan protein dan omega 3 yang tinggi pada ikan tuna ternyata juga dapat meningkatkan kandungan PH pencernaan sekaligus menurunkan asam lambung yang berlebih. Kamu bisa mengatasi gangguan asam lambung dengan sering makan ikan tuna.

8.      Makan Ikan Salmon

Selain ikan tuna, Salmon juga sangat baik untuk mengatasi asam lambung yang tidak seimbang. Ikan laut ini sangat baik dikonsumsi bagi mereka yang sering mengeluhkan sakit perut akibat tingginya asam lambung.

9.      Makan Kacang-Kacangan

Cara atasi asam lambung secara alami berikutnya bisa kamu lakukan dengan makan kacang-kacangan. Kamu bisa memilih makanan ini sebagai cara mengatasi sakit asam lambung yang begitu menyiksa.

10. Permen Karet

Mungkin cara yang satu ini terdengar aneh. Namun jangan salah jika permen karet bisa menetralkan asam lambung yang tinggi. Saat seseorang mengunyah permen karet tentu kadar basa pada air liur dapat menetralkan asam lambung yang tinggi.

Cara Mengatasi Asam Lambung Lainnya
11. Hindari Makanan Pemicu Asam Lambung Naik
12. Atur Porsi Makan

Itulah 12 cara mengatasi asam lambung dengan mudah dan alami tanpa obat tertentu. Jika asam lambung naik, maka kamu bisa gunakan cara-cara di atas untuk menetralkannya. Tidak harus dengan obat dokter pun asam lambung dapat teratasi dengan cara alami  seperti di atas.