18 Cara Cepat Menurunkan Kolestrol yang Aman -->

18 Cara Cepat Menurunkan Kolestrol yang Aman

Amara

Cara Menurunkan Kolestrol – Kolestrol adalah sebuah penyakit yang paling sering dialami oleh masyarakat modern saat ini. Kebiasaan hidup yang mewah dengan pola makanan yang kurang terjaga, membuat penyakit ini sangat riskan terkena pada siapa saja tanpa mengenal usia.
Jika kamu sudah memeriksakan kadar kolestrol dan ternyata hasilnya tinggi, tentu tak perlu menyesalinya. Tugas kamu berikutnya adalah bagaimana menurunkan kolestrol tersebut. Untuk kamu yang di diagnosis memiliki kadar kolestrol tinggi. Maka berikut ada 18 cara menurunkan kolestrol secara cepat dan aman.

18 Cara Cepat Menurunkan Kolestrol yang Aman

1.      Jaga Pola Makan

Menjaga pola makanan secara teratur dengan gizi asupan yang cukup bisa menjadi satu cara terbaik untuk menurunkan kadar kolestrol darah. Kebiasaan pola makanan yang tidak sehat tentu membuat semakin tingginya resiko seseorang mengalami kenaikan kolestrol.

2.      Hindari Makanan Berlemak

Penyebab kolestrol naik pada tubuh seseorang dipicu dengan terlalu serinya ia mengkonsumsi makanan berlemak tinggi. Makanan berlemak tinggi seperti junk food, gorengan, bersantan memang dapat memicu terjadinya kolestrol.

3.      Olahraga Cukup

Cara menurunkan kolestrol jahat dalam tubuh berikutnya bisa kamu lakukan dengan rutinnya melakukan olahraga setiap hari. Olahraga yang sejatinya dapat melunturkan lemak lewat keluarnya keringat saat olahraga, menjadi cara menurunkan kolestrol secara efektif.

4.      Istirahat Cukup

Selain dipengaruhi oleh faktor makanan yang tidak sehat, kolestrol juga dapat dipicu dengan penerapan pola hidup yang salah. Istirahat yang kurang juga dapat menyebabkan seseorang terkena gangguan kolestrol dalam tubuhnya.

5.      Hindari Begadang

Jika kebiasaan yang satu ini masih melekat erat dalam kehidupan kamu sehari-hari. Maka cobalah untuk menghindarinya. Selain tidak baik untuk kesehatan tubuh, kebanyakan melakukan begadang di malam hari juga menjadi faktor penyebab kolestrol naik.

6.      Lakukan Diet Serat Pangan

Diet serat pangan adalah sebuah cara yang bisa dilakukan dengan memperbanyak makanan yang mengandung serat tinggi. Dengan perbanyak pengkonsumsian makanan berserat tinggi, maka lemak jahat dalam tubuh pun dapat dinetralisir.

7.      Sering Makanan Buah dan Sayur

Makanan buah dan sayur adalah kebutuhan tambahan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Buah dan sayuran yang masuk ke dalam makanan 4 sehat 5 sempurna ini bisa menjadi makanan andalan untuk menurunkan kolestrol yang tinggi.

8.      Atur Porsi Makan

Cara menurunkan kolestrol secara efektif selanjutnya adalah dengan mengatur porsi makan. Jika sebelumnya kamu adalah orang yang suka makanan dengan porsi yang besar, maka kurangi kebiasaan yang satu ini. Ukur porsi makanan yang ideal.

9.      Turunkan Berat Badan

Orang yang mengidap obesitas atau kegemukan akan lebih tinggi resikonya terkena kolestrol dini. Jika kamu memiliki tubuh dengan berat badan yang tinggi, maka cobalah beberapa cara untuk menurunkan berat badan tersebut.

10. Lakukan Sarapan

Manfaat sarapan yang begitu besar seringkali dianggap sepele bagi sebagian orang. Banyak orang melewatkan sarapan hanya demi kesibukan harian mereka. Jika ingin menurunkan kadar kolestrol darah yang tinggi, maka kamu bisa melakukan sarapan secara rutin di pagi hari.

Cara Menurunkan Kolestrol Lainnya
11.   Perbanyak Makanan yang Mengandung B3
12.   Konsumsi Minyak Ikan
13.   Konsumsi Makanan Laut
14.   Perbanyak Makan Gandum
15.   Ganti Cemilan dengan Kacang
16.   Waspada Terhadap Produk Makanan yang Kamu Konsumsi
17.   Hindari Kebiasaan Merokok
18. Jangan tidur sehabis makan

Takut terkena kolestrol tinggi? 18 cara menurunkan kolestrol paling manjur di atas dapat kamu lakukan. Jika tak ingin terkena kolestrol di usia dini, maka atur pola hidup sehat terutama pola makanan yang kamu konsumsi. Mulai hidup sehat sejak sekarang untuk menghindari kolestrol dalam tubuh.