10 Cara Mengatasi Mual Paling Efektif Tanpa Obat -->

10 Cara Mengatasi Mual Paling Efektif Tanpa Obat

Amara

Cara Mengatasi Mual – Gangguan mual memang sering dialami oleh kebanyakan dari kita. Keadaan yang membuat tubuh kurang nyaman terutama pada perut bagian atas ini disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa penyebab seperti adanya kehamilan, masalah pencernaan, usus buntu, influenza, bahkan kondisi stress pun dapat membuat tubuh menjadi mual dan pusing.
Untuk mengatasi rasa mual tentu banyak cara yang bisa kamu lakukan, mulai dari pengaturan istirahat, makanan hingga cara alami lainnya. Namun sebelum melakukan cara pencegahan, maka sebaiknya kamu mengenali dahulu penyebab dari rasa mual yang dirasakan. Berikut ada cara mengatasi mual paling efektif secara alami tanpa obat.

10 Cara Mengatasi Mual Paling Efektif Tanpa Obat

1. Perbanyak Minum Air

Saat tubuh merasa mual,tentu rasa ingin muntah pun akan terjadi. Saat tubuh banyak membuang makanan dan minuman yang sudah masuk, tentu tubuh akan mengalami lemas dan tidak bertenaga. Untuk mengatasi hal ini maka kamu bisa perbanyak minum air putih agar tidak mengalami dehitrasi.

2. Minum Jahe Hangat

Khasiat tanaman toga ini memang memiliki segudang manfaat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat tubuh merasakan mual yang berlebihan, maka kamu dapat mengatasinya dengan segera membuat minuman jahe hangat.

3. Minum Teh

Kandungan senyawa dalam teh memang dapat mengatasi rasa mual yang sering terjadi. Dengan mengkonsumsi teh hangat maka rasa mual pun akan segera hilang. cara efektif ini bisa kamu gunakan untuk mengatasi rasa mual secara berlebih.

4. Makanlah Meski Sedikit

Saat tubuh mengalami mual, tentu rasa tidak ingin makan pun akan terjadi. Namun sebaiknya terus lawan rasa mual tersebut dengan memasukkan sedikit makanan pada perut. Dengan makan maka perut yang mual karena kosong bisa langsung teratasi.

5. Pilih Makanan yang Tidak Bercita Rasa Tinggi

Cara mengatasi mual paling mudah bisa kamu lakukan dengan pemilihan makanan yang tepat. Biasanya rasa mual bisa terjadi akibat makanan yang kurang diterima baik oleh tubuh. Dalam hal ini kamu bisa mengatasinya dengan memilih makanan yang tidak terlalu memiliki cita rasa yang terlalu tinggi.

6. Pilih Makanan yang Tidak Memiliki Bau Menyengat

Ketika mual sudah datang tentu mencium bau aroma makanan yang terasa menyengat pun akan jauh memperparah rasa mual tersebut. Dalam hal ini hindari makan-makanan yang memiliki bau yang begitu menyengat.

7. Istirahat Cukup

Cara mengatasi mual paling ampuh bisa kamu lakukan dengan memperbanyak istirahat. Dengan istirahat yang cukup maka tubuh akan kembali lebih fit dan rasa mual pun akan teratasi dengan lebih mudah.

8. Hindari Makanan yang Dapat Meningkatkan Mual

Mual memang sering terjadi akibat makanan tertentu. Sebagai cara mengurangi mual, maka sebaiknya hindari makanan yang dapat membuat rasa mual jadi semakin parah. Kamu bisa menghindari makanan seperti coklat, es krim, telur, buah-buahan yang asam, serta lainnya.

9. Jangan Terlalu Banyak Bergerak Ketika Mual

Saat mual sebaiknya kamu perbanyak diam atau duduklah terlebih dahulu. Saat makanan atau minuman ingin keluar melalui mulut, maka kamu bisa mengatasinya dengan duduk dan jangan melakukan banyak gerakan.

10. Gunakan Minyak Kayu Putih

Cara mengatasi mual paling manjur berikutnya adalah dengan menggunakan minyak kayu putih. Khasiat minyak kayu putih yang bisa menghangatkan tubuh dipercaya sebagai obat herbal cara menghilangkan mual.

Itulah 10 cara mengatasi mual tanpa menggunakan obat tertentu. Cara di atas dapat kamu pilih sebagai cara ampuh untuk menghilangkan rasa mual yang melanda. Jika rasa mual terlalu berlebihan, maka kamu bisa ambil tindakan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.