Syarat dan Cara Pengajuan Izin Belajar PNS -->

Syarat dan Cara Pengajuan Izin Belajar PNS

Redaksi
Izin belajar - merupakan izin resmi yang diberikan oleh atasan kepada pegawai guna menambah pengetahuan dan kemampuan di bidang khusus guna memenuhi tuntutan pekerjaan. Jadi izin belajar tidak dapat diberikan dengan mudah , karena pimpinan akan melihat apakah kualifikasi kuliah sudah sesuai dengan tuntutan atau formasi pekerjaan yang dibutuhkan kantor.
Izin belajar ini pun merupakan pertanggungjawaban bagi pegawai. Pertama dari segi pekerjaan dan waktu, perkuliahan tidak boleh sampai mengabaikan atau mengganggu tugas utama saat dinas. Kedua, karena sifatnya hanya izin. Jadi semua biaya dan konsekuensi selama perkuliahan ditanggung oleh pegawai yang bersangkutan. Apabila anda sudah mantab dan yakin untuk mengajukan izin belajar. Ada baiknya untuk memperhatikan syarat - syaratnya sebagai berikut 

:

Persiapan sebelum memutuskan untuk kuliah :

1. Bentuk Tim yang terdiri dari (minimal) 4 orang ASN yang sama - sama ingin mengajukan izin belajar. Tunjuk ketua / leader agar dapat mengarahkan anggotanya saat proses pengajuan izin belajar serta kuliah.

2. Putuskan komitmen bersama dari segi biaya kuliah, proses pengajuan izin belajar hingga penyesuaian ijazah. Agar seluruh anggota mematuhi kesepakatan tim untuk mensukseskan izin belajar.

3. Bentuk grup Whats App khusus anggota tim izin belajar. Dan selalu update info - info penting seperti detail kuliah, akreditasi kampus, syarat izin belajar, dokumen pendukung, progress pengajuan izin belajar. Jangan pernah menutupi informasi penting kepada anggota karena nanti akan muncul perpecahan. Kecuali hal tersebut masih ragu -ragu disampaikan.

4. Fokus pada tujuan. Saat menjalani kuliah dan pengajuan izin belajar, akan sangat banyak gangguan - gangguan baik itu internal maupun eksternal. Memilih leader yang tepat dalam memimpin akan dapat menghalau konflik serta masalah - masalah tersebut dengan baik.

5. Ikuti langkah - langkah di blog ini. Jangan sampai anda berpikiran terlalu jauh. Proses pertama izin belajar adalah membentuk tim yang solid. Kedua mencari informasi detail mengenai perkuliahan dan syarat izin belajar. Ketiga ajukan data serta minta izin pimpinan. Langkah lainnya dapat anda lihat dibawah.

6. Jalin hubungan baik dengan pimpinan, kepegawaian dan orang - orang yang terkait pada izin belajar. Jangan sampai ada masalah serta hambatan akibat sikap anda.

Syarat dan Cara Pengajuan Izin Belajar PNS

1. Masa kerja minimal sudah 1 tahun terhitung sejak menerima SK PNS.

2. Tidak pernah mendapat hukuman disiplin ringan , sedang apalagi berat.

3. Absensi pegawai 100% (tidak termasuk izin, sakit dan cuti).

4. Melampirkan 3 rangkap fotocopy SK CPNS, PNS, SK Jabatan terkahir, SKP (jurnal kinerja) 1 tahun terakhir.

5. Print warna akreditasi kampus + prodi minimal B, surat keterangan terdaftar aktif kuliah dengan stempel basah kampus.


6. Surat Permohonan izin belajar dari pegawai.

7. Print Jadwal Perkuliahan

8. Surat rekomendasi pimpinan.

9. Surat izin belajar dari  BKD/ Kanwil / dan lain sebagainya
Dan anda dapat membaca PermenPANRB tahun 2013

Kapan penyesuaian ijazah berlaku ?

Setelah pangkat 2c (bagi golongan 2) atau ketika mengikuti ujian kenaikan pangkat (dari 2d ke 3a).

Bagaimana proses dari awal hingga mendapatkan izin belajar ?

1. Cari tahu secara detail tentang jurusan serta kampus yang anda pilih.

Pastikan jurusan dan kampus tersebut telah terakreditasi nasional dengan nilai minimal B. Dan perhatikan masa berlakunya, jika menurut anda ada kemungkinan menurun , lebih baik urungkan niat. Karena di ijazah terkahir akan mencantumkan akreditasi. Setelah itu lihat juga jarak kampus / perkuliahan dengan UPT / kantor anda. Jika jaraknya melebihi 80km , maka ada kemungkinan akan ditolak. Sehingga kami menyanrakan untuk memilih  kuliah di UT (Universitas terbuka).

2. Lihat rincian biaya kuliah dan lalu daftar kuliah dengan izin pimpinan.

Melihat rincian biaya kuliah juga amat penting, jangan sampai anda berhenti ditengah jalan karena alasan biaya. Selain itu, jika sudah yakin kuliah. Konsultasikan dulu ke pimpinan anda dengan melampirkan detail mengenai kampus dan jurusan yang dipilih. Disini akan dituntut kesabaran dan kegigihan anda. Karena kebiasaan pimpinan banyak yang menolak. Tetapi terus yakinkan dan tunjukan prestasi kerja anda. Sehingga pimpinan yakin bahwa anda layak untuk melanjutkan kuliah.

3. Saat mendaftar

Pastikan anda tahu kapan waktu mulai registrasi. Jadi secara umum ada dua waktu : biasa awal januari dan awal Agustus. Jangan sampai anda tidak tahu, ini juga akan mempengaruhi integritas anda dimata pimpinan. Dan yang paling penting jangan lupa memberi pesan ke pihak kampus, agar jika perkuliahan sudah jalan, anda akan meminta nomor induk mahasiswa serta surat keterangan kuliah untuk izin belajar. Agar nanti , anda tinggal memintanya untuk melengkapi persyaratan. Sebaiknya juga anda tidak daftar kuliah sendiri, karena jika ada teman semua urusan menjadi mudah.

4. Setelah surat keterangan kuliah keluar

Jika surat tersebut keluar, maka anda melengkapi syarat - syarat izin belajar diatas. Lalu ajukan ke pihak kepegawaian / administrasi kantor. Lalu temui pimpinan secara pribadi, poin disini adalah feedback langkah kedua diatas. Sehingga pimpinan merasa dihargai dan diberikan komunikasi yang baik dari pegawainya.

5. Lengkapi syarat izin belajar.

Jangan lupa lihat kembali syarat izin belajar diatas, dan anda harus membuat surat permohonan yang contohnya bisa dilihat disini. Jika sudah minta surat rekomendasi pimpinan. Masukan semua syarat dalam 1 map dengan jumlah 3 rangkap. rangka pertama untuk anda, rangkap kedua untuk kantor, dan rangkap ketiga untuk kantor wilayah / BKD.

6. Serahkan dokumen syarat - syarat izin belajar langsung ke kantor wilayah /  BKD.

Disini adalah poin paling penting. Karena sia - sia jika surat rekomendasi pimpinan ACC sementara kantor wilayah tidak. Dengan menyerahkan dokumen secara langsung. Anda dapat mengetahui apakah ada berkas yang kurang / perlu diperbaiki. Dan pimpinan tertinggi akan sangat mengapresiasi usaha dan perjuangan anda asalkan dengan dengan seragam dinas lengkap serta etika yang baik dan kesabaran ekstra ketika menghadapi problem.

7. Estimasi Surat Izin Belajar BKD / Kanwil selesai

Biasanya sekitar 1 - 2 bulan setelah mengajukan izin belajar, akan keluar surat tersebut. Anda harus lihat benar - benar data diri terutama NIP , jika terdapat kesalahan segera perbaiki dan jangan biarkan hal tersebut berlarut, karena bisa saja aturan berubah dan mood pimpinan mendadak tidak koooperatif.

8. Simpan dan scan surat izin belajar anda.

Sangat penting menyimpan baik - baik dokumen tersebut, jangan sampai hilang karena tidak ada KESEMPATAN KEDUA. Semuanya akan disalahkan kepada anda, jika hal itu terjadi.

Untuk FILE surat permohonan , jadwal kuliah , dan lain sebagainya akan lanjut di part II sekitar 2 hari lagi.

Demikian Syarat dan Cara Pengajuan Izin Belajar PNS. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share via medsos.