9 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Jantung -->

9 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

Amara

Tips Mencegah Penyakit Jantung - Kesehatan mahal harganya. Mirisnya, ini dirasakan ketika seseorang telah jatuh sakit. Banyak yang bilang lebih baik mencegah daripada mengobati. Jika anda salah satu yang berpendapat demikian tentu sudah melakukan banyak hal untuk menjaga kesehatan. Di Indonesia, penyakit jantung menjadi penyakit yang paling mematikan. Sedia payung sebelum hujan, simak dulu tips mencegah penyakit jantung.
Mencegah penyakit jantung ternyata tergolong mudah dan tidak membutuhkan biaya. Penyakit jantung tidak mengenal wanita atau pria. Maka dari itu, ketahui cara mencegah penyakit jantung sejak dini.

9 Tips Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

1. Sarapan Bubur Gandum

Tahukah anda jika gandum mengandung beta-glucan, serat  ? Elemen yang bisa menurunkan kolesterol jahat penyebab dari sakit jantung. Ini akan membentuk gel tebal serupa pasta yang bisa mengikat kolesterol dalam usus.
Selain itu juga bisa mencegah penyerapan ke dalam aliran darah. Ahli gizi Dr Sarah Schenker mengatakan bahwa hanya 3 gram beta-glucan per hari bisa berfungsi untuk menurunkan kolesterol sebesar 5 sampai 10 persen. Anda bisa membiasakan sarapan bubur gandum.

2. Membersihkan Gigi Secara Teratur

Pengerasan arteri dan serangan jantung memang telah dikatikan dengan penyakit gusi. Adanya bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi diperkirakan bisa memicu peradangan dan berhubungan dengan penyakit jantung.
Rekomendasi dari para ahli adalah menyikat gigi secara teratur. Jangan lupa untuk membersihkan dengan benang gigi jika ada makanan yang terjebak di antara gigi. Diketahui bahwa benang gigi juga berfungsi memecah biofilm yang memerangkap massa lengket bakteri.

3. Bercinta Dua Kali Seminggu

Tips mencegah penyakit jantung selanjutnya adalah khusus untuk yang sudah berumah tangga. Karena diketahui bahwa pria yang berhubungan seks, setidaknya dua kali seminggu bisa menurunkan presentase terkena penyakit jantung hingga 45 persen. Ahli jantung mengatakan hal ini bisa karena manfaat fisik dan emosional, serta pengurangan rasa stress yang ada.

4. Pakailah Masker Tidur

Cobalah anda memperbaiki pola tidur anda. Sebab, kurang tidur berhubungan dengan risiko terkena serangan jantung lebih besar bahkan berhubungan dengan kematian. Buat gelap kamar tidur anda atau pakailah masker. Karena adanya cahaya akan menekan produksi hormone tidur melatonin.

5. Kurangi Konsumsi Gula

Ada Studi di Amerika Serikat yang terbit tahun lalu dan menunjukkan bahwa gula bisa menjadi kontributor besar untuk tekanan darah tinggi. Ilmuwan penelitian kardiovaskular mengatakan bahwa strategi diet dan mengontrol tekanan darah paling tepat adalah dengan mengurangi asupan gula.

6. Berlibur Ke Tempat Yang Cerah

Tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri dalam berlibur. Menurut para peneliti di University of Pittsburgh, Amerika, pergi berlibur secara teratur bisa mengurangi sepertiga risiko kematian karena penyakit jantung. Sinar matahari diketahui bisa mengubah kadar oksida nitrat, yang merenggangkan pembuluh darah serta membantu tekanan darah turun. Atur waktu anda untuk berlibur ke tempat yang cerah.

7. Makan Semangkuk Yoghurt
8. Menonton Film Komedi Dengan Teman
9. Jangan Terlalu Lama Duduk

Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Saatnya untuk lebih menjaga pola hidup kita. Anda bisa menggunakan tips mencegah penyakit jantung ini agar lebih sehat. Ayo hidup sehat mulai dari sekarang !