11 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Agar Sehat dan Kuat -->

11 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Agar Sehat dan Kuat

Amara

Tips Menjaga Kesehatan Gigi – Sering mengalami yang namanya sakit gigi? Menjaga kesehatan gigi menjadi satu cara alami yang wajib kamu jaga dan perhatikan. Karena jika tidak dirawat secara baik, gigi akan banyak mengalami masalah seperti sakit gigi, gigi keropos, gigi berlubang dan lain sebagainya.
Berbagai cara dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi, mulai dari sering melakukan perawatan ke dokter hingga melakukan beberapa cara alami yang lebih mudah dan terjangkau biayanya. Untuk kamu yang ingin memiliki gigi yang lebih sehat, maka pakai 11 tips menjaga kesehatan gigi secara alami berikut ini.

11 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Agar Lebih Sehat dan Kuat

1.      Rajin Gosok Gigi

Melakukan gosok gigi minimal 2 hari setiap hari di pagi dan di malam hari adalah cara efektif untuk menjaga kesehatan gigi dari dalam. Rajin gosok gigi selain dapat membuat gigi jauh lebih sehat, juga dapat bermanfaat untuk kesehatan mulut kamu.

2.      Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Sayur dan buah selain baik untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam, ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan organ gigi manusia. Jika ingu=in gigimu terlihat lebih sehat, maka kamu bisa mulai perbanyak makan sayur dan buah-buahan.

3.      Hindari Kafein

Minuman yang satu ini dapat menyebabkan warna coklat pada gigi, selain itu pengkonsumsian minuman berkafein dalam jangka waktu lama juga berdampak pada kesehatan gigi. Hindari minuman berkafein agar gigi kamu lebih sehat dan nampak bersih.

4.      Hindari Merokok

Kebiasaan merokok juga dapat membuat gigi jadi jelek dan terlihat kurang sehat. Gigi yang berwarna coklat, berkarat, berlubang dan lainnya menjadi satu penyebab utama bagi mereka yang suka merokok. Hindari kebiasaan merokok agar memiliki gigi yang jauh lebih sehat.

5.      Berkumur Sehabis Makanan

Terkadang makanan yang masuk ke dalam tubuh lewat gigi meninggalkan bekas dan sisa-sisa yang menyebabkan kesehatan gigi terganggu. Tips menjaga kesehatan gigi secara alami ini bisa kamu terapkan sehari-hari.

6.      Hindari Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol yang sejatinya kurang baik untuk kesehatan tubuh, ternyata juga dapat memicu kerusakan pada gigi. Jika hal ini tidak ingin terjadi pada gigi kamu, maka mulai sekarang hindari untuk tidak mengkonsumsi minuman beralkohol.

7.      Air Lemon

Tips menjaga kesehatan untuk gigi selanjutnya kamu bisa menggunakan air perasan lemon. Air lemon yang mengandung asam sitrat sangat baik untuk membersihkan gigi serta menjaga gigi tetap putih alami.

8.      Biji Bunga Matahari

Kesehatan gigi terkadang juga dipengaruhi oleh kesehatan mulut kamu. Jika ingin memiliki gigi yang sehat, maka kamu juga harus menjaga kesehatan mulut. Cara menjaga kesehatan mulut dan gigi dapat kamu lakukan dengan seringnya mengkonsumsi cemilan seperti biji bunga matahari.

9.      Biji Wijen

Tips menjaga kesehatan gigi yang mudah dapat kamu lakukan dengan menggunakan biji wijen sebagai pembersihan plak pada gigi. Kamu bisa memanfaatkan biji wijen sebagai penggosok area gigi yang tumbuh plak.

10. Susu dan Yogurt

Cara menjaga kesehatan gigi agar lebih kuat dan tidak keropos adalah dengan perbanyak minum susu dan yogurt. Karena kedua minuman ini dipercaya dapat memperkuat gigi dan mampu menjaga kesehatan gigi secara alami.

11. Kurangi Makanan Manis

Sakit gigi seringkali dipicu oleh terlalu banyaknya seseorang makan-makanan yang manis. Makanan manis selain dapat mempengaruhi kesehatan gigi, ternyata juga rentan menjadi penyebab gigi berlubang.
Ingin memiliki gigi yang nampak sehat? Lakukan 11 tips untuk menjaga kesehatan gigi secara alami di atas. Tips menjaga kesehatan gigi di atas memang bisa menjadi solusi terbaik untuk memiliki gigi yang lebih sehat, putih dan terhindar dari gangguan sakit gigi yang begitu menyiksa.