22 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Tradisional -->

22 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Tradisional

Amara
Cara Mengatasi Perut kembung – Perut kembung merupakan suatu kondisi dimana perut terasa bugah, penuh dan tidak nyaman. Keadaan seperti ini sangat lazim dialami, pada saat perut terisi gas yang bertumbuk tentu perut pun akan terasa kembung. Biasanya pada saat terjadi kembung perut akan lebih keras, bengkak dan sebagainya. Itulah yang membuat seseorang tidak nyaman.
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi terjadinya perut kembung, mulai dari cara tradisional hingga menggunakan obat tertentu. Untuk kamu yang sering mengalami perut yang kembung, maka bisa mengatasinya dengan cara yang mudah, efektif dan lebih cepat. Berikut cara mengatasi perut kembung secara alami dan tradisional.

22 Cara Mengatasi Perut Kembung Secara Tradisional

1.       Dengan Jahe

Selain dapat mengatasi perut mual, jahe juga berkhasiat alami sebagai penetralisir kelebihan gas di dalam perut. Kamu bisa mengkonsumsi jahe hangat sebagai cara untuk mengatasi perut yang kembung dan terasa bugah.

2.       Dengan Teh Tawar

Minuman yang satu ini memang memiliki manfaat yang cukup banyak bagi tubuh. Teh selain dapat digunakan untuk minuman sehari-hari, ternyata juga dapat sebagai bahan alami untuk mengatasi perut kembung. Minumlah teh tawar yang masih hangat saat perut kembung melanda.

3.       Makan-Makanan yang Mengandung Probiotik

Makanan dengan kandungan probiotik tinggi dapat membantu proses pencernaan di dalam usus 12 jari. Salah satu makanan yang kaya kandungan probiotik adalah yogurt. Makanan ini bisa kamu pilih untuk meredakan perut yang kembung.

4.       Minum Jus Jeruk

Cara mengatasi masuk angin atau perut kembung juga bisa kamu lakukan dengan minuman jus jeruk. Kandungan vitamin C yang tinggi, dapat membuat kekebalan tubuh semakin kuat juga dapat dijadikan sebagai minuman untuk mengatasi perut kembung.

5.       Minum Air Putih

Dibalik fungsinya yang begitu besar bagi tubuh, air putih juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung paling efektif. Sifatnya yang netral akan membantu proses pencernaan menjadi lebih lancar.

6.       Dengan Kerokan

Apakah kamu termasuk yang melakukan kerokan saat terjadi perut kembung? Kerokan menjadi cara mengatasi perut kembung secara tradisional yang sudah turun-temurun. Dengan melakukan kerokan pada bagian punggung belakang, maka dipercaya bisa mengeluarkan gas berlebih di dalam perut.

7.       Minyak Gosok atau Minyak Urut

Selain dengan kerokan, ternyata mengatasi perut kembung juga dapat kamu lakukan dengan menggunakan minyak gosok atau minyak urut. Rasanya yang hangat di badan tentu bisa memberikan kenyamanan saat perut kembung melanda.

8.       Makan Walau Cuma Sedikit

Tips mengatasi perut kembung juga bisa kamu lakukan dengan memasukkan makanan pada mulut. Saat terjadi perut kembung tentu nafsu makan pun jadi menurun. Namun usahakan tetap makan walau Cuma sedikit.

9.       Daun Pepaya

Cara menghilangkan perut kembung secara mudah bisa kamu lakukan dengan merebus daun pepaya. Rebusan daun pepaya bisa kamu minum dalam keadaan masih hangat untuk mengeluarkan gas di dalam perut.

10.   Bawang Merah

Cara tradisional untuk mengatasi perut kembung berikutnya bisa kamu gunakan bawang merah untuk dioleskan ke bagian punggung dan perut. Resep tradisional ini dipercaya dapat mengatasi perut kembung secara lebih cepat.

Cara Mengatasi Perut Kembung Lainnya
11.   Daun Peppermint
12.   Hindari Minuman Bersoda
13.   Hangatkan Badan
14.   Bergerak Setelah Makan
15.   Istirahat yang Cukup
16.   Hindari Makanan yang Mengandung Gas
17.   Minum Susu
18.   Jangan Tahan Ketika Mau Kentut dan Bersendawa
19.   Kurangi Makanan Berlemak
20.   Kurangi Minuman Dingin
21.   Atur Porsi Makan
22. Dan selalu berpikir positif.

Mengalami masalah perut kembung atau masuk angin memang membuat tubuh tidak nyaman untuk melanjutkan aktivitas. Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan 22 cara mengatasi perut kembung secara cepat, mudah dan alami tanpa obat.