Cara Mudah Daftar dan Lulus CPNS 2020 -->

Cara Mudah Daftar dan Lulus CPNS 2020

Redaksi

Daftar CPNS - Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) merupakan rekrutmen resmi dari Pemerintah Indonesia guna memperoleh pegawai pemerintah yang berkualitas melalui rangkaian tes. Daftar atau registrasi CPNS 2020, dilalui dengan beberapa tahap. Tahap tersebut haruslah benar - benar dilakukan dengan baik. Karena pada tahap tersebut menentukan apakah berkas atau data anda diterima atau TIDAK ? Karena jangan sampai anda dirugikan kedepan, misalnya formasi CPNS yang dicari adalah Guru Matematika, otomatis ijazah yang dipakai adalah Matematika. Tetapi ijazah anda lulus Matematika murni, nah itu akan jadi masalah dikemudian hari. Jadi teliti-lah sebelum mendaftar.

Sebelum memulai siapkan terlebih dahulu :

  • Scan KTP
  • Foto Terbaru FOrmal berwarna, dengan background merah.
  • Scan Ijazah terakhir beserta transkrip nilai
  • Scan STR

Semuanya harus dalam bentuk pdf, kecuai foto bisa JPEG atau PNG.

Cara Mudah Daftar dan Lulus CPNS 2020

1. Buka https://sscn.bkn.go.id/ kemudian masukan data NIK KTP dan KK anda serta data lainnya kemudian pilih lanjutkan.



2. Maka nanti akan muncul data nama anda sesuai KTP. Masukan password untuk akun CPNS 2020 anda. Catat password tersebut, karena pasti terpakai nanti.


3. Jika sudah mengisi data dengan benar dan lengkap. Klik tombol proses pendaftaran akun.

4. Lalu anda nanti diminta memasukan NIK KTP dan password yang telah anda buat sebelumnya. Jika sudah, maka anda masuk pada halaman awal, klik tombol cetak kartu informasi akun. Kemudian print kartu tersebut, lalu berswafoto lah sesuai dengan petunjuk gambar. Jika sudah klik pilih file dan masukan swafoto anda lalu klik tombol selanjutnya.

5. Ini contoh kartu pendaftaran akun diatas.


6. Kembali kepengisian data. Isilah data dengan sebenar - benarnya tanpa anda manipulasi. Berikan nama, TTL dan alamat sesuai dengan KTP. Teliti kembali data tersebut lalu scroll kebawah dan klik tombol selanjutnya.

7. Kemudian anda akan diminta untuk mengisi jenis formasi, penempatan dan data pendidikan terakhir anda. CATATAN PENTING : untuk akreditasi PT (itu adalah akreditasi umum perguruan tinggi anda) sedangkan akreditasi prodi, itu adalah akreditasi jurusan anda. Misalnya perguruan tinggi kami : Akper Murakata itu belum terakreditasi, sedangkan akreditasi prodi adalah B. Jika belum terakreditasi berikan tanda (-) strip.

8. Masukan nomor ijazah , nomor tersebut samakan saja dengan nomor ijazah pada STR anda. Jika bukan profesi dapat melihat panduannya terlebih dahulu. Apabila sudah benar, klik tombol selanjutnya.

9. Upload / unggah lah file yang diminta dan teah anda siapkan sebelumnya. Jika sudah klik selanjutnya.

10. Maka nanti akan muncul resume akun anda. Jika sudah benar , beri tanda contreng dengan mengklik kolom gambar dibawah.

11. Dan hasilnya akan seperti ini.

12. Apabila data CPNS 2020 anda sudah benar dan lengkap ,beri tanda contreng kemudian klik tombol akhiri proses pendaftaran.

13. Kemudian pilih iya.


14. Maka pendaftaran CPNS 2020 pun telah berhasil anda lakukan, cetak kartu akun.

Demikian Cara Mudah Daftar dan lulus CPNS 2020.

Jangan lupa bagikan artikel ini via medsos. Agar membantu keluarga dan teman - teman anda untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil.