18 Tips Agar Smartphone Awet dan Berumur Panjang -->

18 Tips Agar Smartphone Awet dan Berumur Panjang

Ksatria

Tips Menjaga Smartphone Agar Awet – Pada zaman sekarang ini dimana kebutuhan telekomunikasi semakin meningkat pesat, dari anak-anak sampai orang tua menggunakan alat komunikasiyang praktis. Baik untuk berkomunikasi saja atau sekedar untuk hiburan saja.
Jika kamu penggunasmartphone, tentunya tidak akan menginginkan smartphone kamu cepat rusak serta tidak awet. Ada beberapa tips menjaga smartphone agar awet dan tidak cepat rusak. Dengan perawatan ini tentunya smartphone kamu tetap terlihat bagus dI luar- dalam serta dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

18 Tips Agar Smartphone Awet dan Berumur Panjang

1.       Matikan Smartphone Jika Tidak Sedang Dipakai

Smartphone yang tidak dipakai atau digunakan sebaiknya dimatikan. Dengan mematikan smartphone, maka otomatis komponen-komponen elektrik pada smartphone khususnya RAM dan processor yang merupakan otaknya smartphone dapat istirahat sementara waktu.

2.       Selalu Gunakan Charger Bawaan Smartphone

Menggunakan charger bawakan pabrik smartphone sangat disarankan karena asumsi daya listrik yang masuk ke baterai sudah disesuaikan dari pabriknya langsung. Sebaliknya, menggunakan charger universal untuk semua smartphone pasti menimbukan beberapa efek samping bagi baterai itu sendiri sehingga tidak awet dan cepat rusak.

3.       Gunakan Antivirus Secara Rutin

Tips menjaga smartphone agar awet dan tidak cepat rusak selanjutnya adalah menggunakan anvirus secara rutin. Dengan menginstal dan menggunakan antivirus dalam ponsel maka mencegah masuknya virus yang biasanya masuk melalui jaringan internet. Antivirus juga berperan penting dalam menjaga smartphone agar awet dan tidak cepat rusak.

4.       Jaga Temperatur Baterai

Jika baterai terlalu sering panas, maka lama-kelamaan baterai akan menggelembung. Hal ini berakibat pada baterai yang tidak dapat menyimpan energi listrik secara benar atau istilahnya ngedrop.Sebaiknya hentikan pemakaian smartphone apabila smartphone sudah terlalu panas dan gunakan kemali jika baterai mulai mendingin.

5.       Jangan Menggunakan Smartphone saat Charging

Kebiasaan buruk ini bisa membuat baterai smartphone kamu tidak awet dan cepat rusak. Hal ini bisa membuat baterai cepat panas hingga akhirnya menggelembung dan rusak. Sebaiknya dalam proses charging, jangan gunakan smartphone dulu terutama untuk memainkan game berkapasitas besar.

6.       Selalu Bersihkan Layar Smartphone

Membersihkan layar smartphone secara rutin dapat menghindari kerusakan pada layar. Selain itu juga dapat menghilangkan kotoran dan debu yang menempel. Caranya cukup mudah, cukup bersihkan layar smartphone dengan kain yang lembut atau tissue yang memiliki tekstur halus. Lebih baik lagi menggunakan kain khusus seperti kain microfiber untuk membersihkannya.

7.       Jauhkan dari Medan Magnet

Berhati-hatilah jika smartphone sering berdekatan dengan medan magnet. Hal ini dapat menjadi penyebab kerusakan smartphone dan layar sentuhnya. Selain itu juga dapat mengakibatkan berkurangnya sensitivitas pada layar smartphone. Oleh sebab itu, jauhkan smartphone kamu dari bahan magnet yang biasanya terdapat pada beberapa barang elektronik.

8.       Gunakan Pelindung Smartphone

Pelindung smartphone ini berupa casing atau flip aksesoris yang bertujuan untuk mencegah gesekan pada smartphone dan layarnya. Terutama saat kamu memasukkannya dalam kantong celana, dasshboar mobil ataupun dalam tas. Selain itu, pelindung smartphone ini bisa meminimalisir kerusakan saat smartphone kamu terjatuh.

9.       Jauhkan dari Benda Tajam dan Suhu Ekstrim

Benda tajam seperti pisau, cutter, gunting dapat merusak layar sentuh smartphone kamu. Selain itu, suhu ekstrim seperti suhu yang sangat panas maupun dingin dapat menyebabkan kerusakan pada layar dan komponen penting didalamnya.

10.   Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan

Meskipun sebuah aplikasi jarang digunakan, sistem tetap akan memproses aplikasi tersebut terutama yang memiliki izin akses jaringan. Sebaiknya hapus aplikasi yang jarang digunakan untuk mengoptimalkan kinerja smartphone.

8 Tips Menjaga Smartphone Agar Awet Lainnya
11.   Pahami Kondisi Sekitar atau Tempat Meletakkan Smartphone
12.   Hentikan Penggunaan yang Berlebihan
13.   Hindari Smartphone Terpapar Sinar Matahari Langsung
14.   Jangan Menekan Layar Smartphone dengan Keras
15.   Gunakan Aplikasi Baterai Saver/Booster Agar Baterai Tahan Lama
16.   Jangan Charge Baterai Saat Masih Panas
17.   Tutup Aplikasi yang Sudah Tidak Dipakai
18.   Jangan Menggunakan Kuku Saat Menekan Layar

Demikian 18 cara dan tips menjaga smartphone agar awet dan tidak cepat rusak. Perawatan smartphone ini sebenarnya sama halnya dengan ponsel biasa. Namun agaknya dalam menggunakan smartphone harus lebih berhati-hati karena smartphone sebagian besar bodynya terdiri dari layar yang materialnya terbuat dari kaca.