11 Tips Benar Memilih Tempat Wisata untuk Berlibur -->

11 Tips Benar Memilih Tempat Wisata untuk Berlibur

Amara

Tips Memilih Tempat WisataLiburan merupakan saat-saat yang ditunggu untuk berwisata.  Baik bersama keluarga, saudara maupun bersama teman-teman. Sebelum berangkat berwisata, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan tempat wisata.
Pertimbangan ini diperlukan supaya saat Anda berwisata mendapatkan pengalaman yang menyenangkan dan berkesan. Sehingga saat kembali ke rumah pikiran menjadi rileks dan esoknya siap kembali ke rutinitas sehari-hari. Berikut disajikan tips memilih tempat wisata yang bisa Anda pertimbangkan dahulu.

11 Tips Benar Memilih Tempat Wisata untuk Berlibur

1.      Budget Terjangkau

Budget menjadi faktor utama yang harus dipertimbangkan dalam berwisata. Sebaiknya buatlah daftar keperluan yang nantinya dibutuhkan dalam perjalanan dan saat sedang berwisata.  Sehingga nantinya tidak terjadi pembengkakan dana.

2.      Jarak Tempuh

Sering kali liburan yang diberikan hanya dua hari saja pada akhir pekan. Untuk itulah sebaiknya pilihlah tempat wisata yang tidak memakan waktu perjalanan. Wisata di dalam kota menjadi pilihan yang tepat saat Anda tidak mempunyai banyak waktu.  Selain itu, wisata di dalam kota juga lebih irit.

3.      Belum Pernah Anda Kunjungi

Sebaiknya pilihlah tempat wisata yang belum pernah Anda kunjungi, serta yang jaraknya tidak terlalu jauh dari domisili Anda. Tentunya pasti ada setidaknya satu tempat wisata di kota Anda yang belum pernah Anda jelajahi. Mungkin saja akan menjadi pengalaman baru karena memang Anda belum pernah mengunjungi tempat tersebut.

4.      Dengan Siapa Anda Berwisata

Pilihan lokasi berwisata tentunya akan berbeda jika Anda berlibur dengan keluarga, pasangan atau teman-teman. Misalnya, lokasi berlibur bersama keluarga dapat memilih ke kebun binatang, wahana air waterboom dan sebagainya.
Jika bersama pasangan, pilihlah tempat romantis seperti Puncak Mahameru, Taman Begonia di Lembang atau ke Pulau Bali. Sedangkan berwisata bersama teman bisa ke Candi Borobudur, Museum Nasional, pegunungan dan lain sebagainya.

5.      Musim dan Cuaca di Tempat Wisata

Dalam memilih tempat wisata juga harus mempertimbangkan aspek cuaca. Jika Anda ingin berwisata outdoor, maka musim hujan bukanlah waktu yang tepat. Mencari informasi soal cuaca penting supaya Anda dapat mengantisipasi perlengkapan yang harus dibawa.

6.      Kemudahan Akomodasi

Kualitas berwisata juga ditentukan oleh kualitas akomodasi seperti penginapan. Hotel-hotel yang dekat dengan lokasi wisata belum tentu kualitasnya bagus dan ketersediaan kamar hotelnya juga belum Anda tau. Sebaiknya sebelum merencanakan lokasi berwisata, browsingdahulu hotel terdekat yang sesuai dengan keinginan Anda.

7.      Fasilitas yang Ditawarkan Tempat Wisata

Banyak fasilitas menentukan banyaknya kegiatan yang dapat dilakukan selama berwisata. Tempat wisata yang menyediakan fasilitas lengkap menjadi sasaran wisatawan karena bisa melakukan banyak hal tanpa perlu berpindah ke tempat lain.

8.      Strategis

Tips memilih tempat wisata selanjutnya adalah lokasi strategis. Lokasi wisata yang dituju harus mudah dijangkau dan berada di lokasi yang memungkinkan Anda memenuhi kebutuhan, seperti kebutuhan makanan.

9.      Sesuaikan dengan Karakter

Jika Anda senang dengan suasana tenang dan jauh dari keramaian, bisa memilih berwisata ke daerah pedesaan, puncak atau wisata alam. Sebaliknya jika Anda suka tantangan, Anda bisa melakukan pendakian, divinghiking dan arung jeram.

10. Gunakan Aplikasi Travelling

Ada banyak sekali aplikasi travelling yang dapat membantu Anda mencari tahu mengenai jenis penginapan, harga tiket dan sebagainya. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih berhemat dalam memilih wisata yang ingin Anda tuju. Aplikasi travelling traveloka sebagai contohnya sering memberitahu Anda destinasi seru yang bisa Anda kunjungi dan potongan harga transportasi. Dan tak kalah pentingnya tentang tempat hotel yang murah dan masih yang banyak lainnya yang dapat dicek melalui aplikasi ini.

11. Disetujui oleh Semua Anggota

Kadangkala terlalu banyak pilihan tempat berwisata, sehingga tidak dapat menemukan satu tujuan sama. Bagaimanapun juga, sebaiknya tempat yang dituju harus sudah disepakati oleh semua anggota. Supaya semua senang dan gembira saat berwisata.

Demikianlah pembahasan mengenai tips memilih tempat wisata. Jadi bagi Anda yang bingung mau berwisata ke mana, maka Anda bisa mengetahui berbagai tips memilih destinasi wisata yang sesuai dengan kebutuhan Anda seperti di atas. Selamat berwisata.