26 Wisata Alam di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi -->

26 Wisata Alam di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi

Amara

Tempat Wisata Alam –  Tempat wisata alam di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Hal ini karena Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak sekali kekayaan alam. Mulai dari hutan, gunung, laut, tanjung, teluk, pantai hingga danau.
Tempat wisata alam di Indonesia tidak hanya meliputi Jawa dan Bali saja, tetapi tersebar dari Sabang hingga Merauke. Semuanya sangat indah, menarik dan menunggu kamu untuk dikunjungi dan dijelajahi lebih lanjut.

26 Wisata Alam di Indonesia yang Wajib Kamu Jelajahi

1.       Kepulauan Raja Ampat – Papua

Kepulauan Raja Ampat adalah destinasi yang wajib kamu kunjungi. Di sini kamu bisa bersnorkeling dan diving sambil menikmati keindahan pemandangan bawah laut. Raja Ampat yang terletak di ujung timur Indonesia ini adalah surga kekayaan bawah laut terlengkap di dunia.

2.       Pulau Komodo – Kepulauan Nusa Tenggara

Di sini kamu dapat melihat dari dekat keeksotisan habitat komodo sesungguhnya. Beberapa tempat yang terkenal di Pulau Komodo ini adalah Taman Nasional Loh Liang yang terletak di Labuan Bajo, Flores. Pulau Komodo juga masuk sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

3.       Taman Laut Bunaken – Manado

Taman Laut Bunaken merupakan spot diving yang sudah terkenal dan dijadikan favorit bagi para diver dari seluruh penjuru dunia. Di taman laut ini tumbuh beragam biota laut yang bisa kamu lihat saat snorkeling atau diving.  Taman Laut Bunaken memiliki 20 dive spot dengan kedalaman beragam mencapai 1.344 meter.

4.       Gunung Rinjani – Lombok

Dengan tinggi 3.726 mdpl Gunung Rinjani adalah gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Jalur pendakian Gunung Rinjani menawarkan pemandangan eksotis hutan tropis, padang savanna dan kawasan perbukitan yang indah. Selain itu, dari puncak Gunung Rinjani kamu bisa menikmati keseluruhan pemandangan Pulau Lombok, Bali dan Sumba.

5.       Kawah Ijen – Banyuwangi

Gunung Ijen  sering digunakan sebagai lokasi pendakian oleh para wisatawan mancanegara. Di puncak Gunung Ijen kamu dapat melihat danau kawah yang luas berwarna biru disebut Kawah Ijen. Danau kawah ini merupakan salah satu kawah terbesar di dunia.

6.       Kepulauan Belitung – Bangka Belitung

Kepulauan ini mempunyai pulau-pulau yang indah, pemandangan unik serta pantai pasir putih. Selain itu, pantainya juga dihiasi batu-batu granit yang artistik berukuran kecil hingga sangat besar.  Tak hanya itu air laut di pantai ini sangat jernih dan bersih bak kristal.

7.       Danau Kelimutu – Flores

Danau Kelimutu lebih dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda yaitu merah, biru dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu. Danau Kelimutu terletak di puncak Gunung Kelimutu.

8.       Puncak Jayawijaya – Papua

Puncak Jayawijaya merupakan satu-satunya gunung yang di puncaknya terdapat salju. Untuk mendaki gunung ini dibutuhkan waktu yang sedikit lama dan juga tenaga yang ekstra karena gunung ini sangatlah tinggi. Puncak ini sudah menjadi favorit dan sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara.

9.       Pantai Dreamland – Bali

Pantai Dreamland dikenal sebagai pantai terindah di Bali. Bukan hanya indah, pantai yang berlokasi di Uluwatu ini kondisi pantainya juga bersih sehingga menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ombak yang besar di pantai ini sangat cocok bagi para pencinta surfing.

10.   Gili Trawangan – Lombok

Tak usah ditanya lagi tentang pesona keindahan Gili Trawangan. Pulau satu ini memang favorit para wisatawan untuk berlibur. Gili Trawangan menawarkan beragam aktivitas wisata. Dari menyaksikan keindahan alam bawah lautnya yang memukau hingga hamparan pasirnya yang putih. Jangan lupakan juga pemandangan sunsetnya yang menakjubkan.

16 Tempat Wisata Alam di Indonesia Lainnya

11.   Taman Nasional Way Kambas – Lampung
12.   Kepulauan Seribu – DKI Jakarta
13.   Gunung Tangkuban Perahu – Bandung
14.   Pantai Derawan – Kalimantan Timur
15.   Wakatobi – Sulawesi Tenggara
16.   Danau Limboto – Gorontalo
17.   Pantai Ora – Maluku
18.   Danau Sentani – Papua
19.   Tarakan – Kalimantan Utara
20.   Taman Nasional Tanjung Puting – Kalimantan Tengah
21.   Gunung Bromo – Jawa Timur
22.   Kepulauan Karimun Jawa – Jawa Tengah
23.   Gunung Kidul – Yogyakarta
24.   Taman Nasional Ujung Kulon – Banten
25.   Sungai Kampar – Riau
26.   Ngarai Sianok – Bukittinggi

Demikian 36 tempat wisata alam di Indonesia yang wajib kamu kunjungi baik bersama keluarga maupun teman-teman. Dengan banyaknya tempat wisata alam, kamu tidak perlu bingung-bingung menentukan destinasi liburanmu mendatang. Jangan lupa, jagalah selalu kelestarian tempat wisata alam supaya kelak nanti anak cucu kamu masih bisa menikmati keindahan alam Indonesia ini.