6 Kegunaan Fitur Youtube Terbaru dan Terupdate -->

6 Kegunaan Fitur Youtube Terbaru dan Terupdate

Redaksi

Kita pasti sudah tidak asing mendengar nama platform online ini, di era digital dimana segala informasi bisa di akses dan di unggah ke Internet. Youtube dan fitur barunya adalah salah satu bagian dari elemen penting yang di gunakan masyarakat saat ini.



Youtube adalah platform sosial media yang mengkhususkan diri sebagai tempat untuk berbagi video. Dengan jumlah pengguna sebanyak 2,8 miliar di seluruh dunia. Maka pilihan video yang tersediapun sangat banyak.


Sebelum kita membahas youtube dan fitur barunya, akan kita ulas apa saja layanan yang bisa Anda nikmati saat menggunakan Youtube baik sebagai penonton ataupun pembuat konten.


6 Fitur youtube terbaru dan terupdate

Ada beberapa fitur youtube yang harus Anda ketahui sebagai pengguna, baik sebagai penonton maupun pengunggah. Tujuannya tidak lain agar memaksimalkan pengalaman Anda saat berselancar dengan platform ini.


Fitur Anotasi

Fitur anotasi pada youtube lebih di peruntukan kepada pembuat video dengan tujuan agar memancing penonton untuk melihat video lainnya dari Kanal tersebut. Misalkan, sering kita jumpai saat menonton video ada slide notifikasi muncul di bagian kanan atas mengenai video lainnya dari kanal tersebut.


Sebagai pembuat video, tentunya hal ini bagus karena bisa meningkatkan jumlah tayangan video, namun bagi penonton bisa saja terganggu karena bisa mengalihkan fokus saat menonton. Sebagai penonton, Anda tentunya bisa menonaktifkan fitur ini dengan cara mengklik pengaturan pada yang sedang di tonton di sebelah kanan atas.


Putar Video Otomatis

Jika aplikasi Youtube Anda sudah di update ke versi terbaru, maka Anda pasti sudah bisa menikmati fitur ini. Fitur ini muncul ketika Anda selesai menonton suatu video, maka algoritma youtube akan memutarkan video selanjutnya secara otomatis dengan tema video yang sama.


Sebagai pengguna, misalkan kita sedang mencari materi tentang suatu topik melalui Youtube, maka hal ini akan sangat membantu karena kita tidak perlu repot untuk menjelajah satu persatu video yang relevan.


Algoritma youtube akan merekomendasikan Video yang relevan dengan tema yang Anda cari, dan tentunya video yang di pilih biasanya yang paling memiliki retensi bagus dan sesuai dengan kriteria.


Jika Anda tidak ingin menggunakan Fitur ini, cukup klik pada bagian kanan layar maka akan muncul pilihan “Auto play”, Anda hanya menghilangkan centang pada bagian tersebut.

Mengatur Kecepatan Video

Untuk memberikan pengalaman terbaik saat menjelajah dengan youtube, Anda kini bisa mempercepat atau memperlambat video yang di tonton. Caranya tinggal geser kursor ke bagian kanan bawah pada layar, tap menu “pengaturan” lalu pilih speed. Nah, Anda bisa menyesuaikan kecepatan video sesuai keinginan ingin di atas atau di bawah Normal speed.


Mengunduh Video

Nah, keunggulan dari Youtube dan fitur barunya saat ini adalah Anda bisa mengunduh video favorit. Diluar sana memang banyak website yang menyediakan tools untuk mengunduh Video dari Youtube.


Namun tentunya, Jika Youtube dan fitur barunya memberikan layanan yang sama, maka lebih baik menggunakan cara yang lebih ringkas dari youtube.


Anda hanya tinggal menambahkan “SS” diantara “www” dan “Youtube” pada URL video yang sedang di tonton. Sehingga, pada situasi tertentu Anda bisa menonton videonya di lain waktu bahkan saat tidak online.


Youtube Short Terbaru

Pada taun ini di gadang-gadang youtube akan memberikan beberapa sentuhan baru pada fitur short agar lebih menarik, yaitu akan di sediakannya super chat dan juga memungkinkan pengguna bisa bertransaksi melalui Short.


Bahkan dari segi tampilan, akan ada efek dan filter yang akan mempercantik video yang di unggah. Hal ini tentunya merupakan tuntutan yang harus di lalukan Youtube agar bisa bersaing dengan platform sejenis lainnya.


Streaming Bersamaan Realtime

Ini adalah angin segar bagi para pembuat konten, karena dalam waktu dekat Youtube akan menyediakan fitur dimana beberapa orang sekaligus bisa melakukan siaran bersama.


Dengan kata lain, jika anda seorang pembuat konten video, maka Anda bisa melakukan Kolab dengan yang lain dan menyiarkan konten yang sama. Jadi, Anda bisa berbagi subscriber satu sama lain.


Manfaat Youtube bagi pengguna

Segala sesuatu memang datang dengan sisi baik dan buruk, begitupun dengan Youtube yang bisa memberi manfaat atau hanya membuang waktu saja. Dengan segala kelebihan dari youtube dan fitur barunya, tentu ada manfaat yang bisa Anda maksimalkan dalam penggunaannya.


Menghasilkan Uang tambahan

Istilah youtuber atau pembuat konten sudah populer dimana-mana. Selain memberi peluang Untuk menjadi terkenal, juga bisa mendapatkan uang dengan monetisasi Adsense. Tentunya ini bukan perkara mudah, ada beberapa persyaratan yang harus di penuhi oleh pembuat konten agar mendapatkan dollar dari Youtube.


Sarana promosi

Dengan mengetahui cara mengunggah video, Anda atau siapapun berpeluang untuk memaksimalkan pemasaran produk pada Youtube. Caranya Anda hanya tinggal membuat video promosi mengenai produk dan mengupload nya saja. Tidak ada batasan tempat dan waktu bagi video dalam jangkauannya sehingga ini merupakan salah satu cara yang baik untuk marketing.


Akses tidak terbatas pada video apapun

Hal yang menjadikan Youtube begitu cepat menjadi besar dan kini nomor 1 adalah penyimpanan dan kecepatan akses video yang bagus. Sebagai pengguna, kita bisa melihat video apa saja bahkan video lawa sekalipun bisa Anda tonton kembali.