Keunggulan Tutorial Online Universitas Terbuka -->

Keunggulan Tutorial Online Universitas Terbuka

Redaksi

Universitas Terbuka

Pendidikan ke jenjang kuliah memang telah menjadi sebuah kewajiban saat ini. Hal ini bisa kita lihat pada proses perekrutan karyawan perusahaan yang kebanyakan strata 1 sebagai acuan.


di tengah persaingan yang ketat antar pencari kerja, dan juga biaya pendidikan jenjang Universitas yang tidak sedikit, sebagian dari kita banyak yang tidak bisa berkuliah karena keterbatasan biaya waktu.



Atas dasar tersebut, banyak yang pada akhirnya bekerja setelah lulus sekolah menengah atas mengorbankan impiannya untuk berkarir meski bukan pekerjaan yang yang di inginkan.


Namun, tidak banyak orang tahu bahwa kini Kita bisa berkuliah mesti dengan status bekerja. Kini banyak kampus yang menyediakan sistem kuliah kelas karyawan, baik secara tatap muka ataupun perkuliahan secara online, yang salah satunya di sediakan oleh Universitas Terbuka.


Universitas terbuka menyediakan sistem belajar secara terbuka jarak jauh. Artinya adalah fleksibel dan tidak ada batasan usia, tahun keluaran ijazah, durasi belajar dan kapanpun waktu registrasinya.


Pembelajaran dilakukan secara jarak jauh, artinya Anda di tuntut untuk belajar secara mandiri tanpa tatap muka.


Kegiatan belajar dilakukan dengan media cetak berupa modul untuk pemahaman materi, dan juga media daring berupa Video, Audio, tutorial daring lainnya. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan waktu karena harus bekerja, maka keunggulan tutorial online Universitas Terbuka bisa menjadi solusi untuk Anda yang ingin melanjutkan studi.


Berikut ini akan di ulas pada artikel ini apa saja tujuan keunggulan tutorial online Universitas Terbuka. Sehingga dalam hal ini, bisa menjadi pertimbangan Anda.


Lebih cakap dalam literasi digital

Sistem pembelajaran yang di desain oleh Universitas terbuka memungkin mahasiswa untuk belajar secara mandiri juga menyesuaikan waktu belajar dengan kesibukan lainya.


Salah satu keunggulan Tutorial daring Universitas terbuka adalah Anda akan terbiasa menggunakan Internet untuk kegiatan sehari-hari terutama dalam konteks ini belajar berdiskusi. Ini adalah yang bagus mengingat bahwa ke depannya di era industri 5.0, akan lebih banyak interaksi sosial dilakukan secara daring.


Fleksibilitas

Ini adalah keunggulan tutorial online Universitas terbuka yang menjadi alasan kebanyakan siswa tertarik untuk belajar di Universitas Terbuka.


Sistem belajar ini memberikan Anda kebebasan untuk menyesuaikan jam belajar, kecepatan dalam pemahaman materi juga pengerjaan tugas dengan kegiatan lain. Sehingga bersekolah bisa dilakukan secara bersamaan sambil bekerja atau hal lain dengan lebih efektif.


Jadi, bagi para karyawan ini adalah peluang yang sangat bagus bagi mereka dalam mendukung perjalanan karier ke depannya.


Efisien dalam pembiayaan waktu

Kita semua tahu, dalam menempuh pendidikan biayanya tidak murah, baik biaya administrasi ataupun untuk biaya sehari-harinya. 


Keunggulan tutorial online Universitas Terbuka adalah lebih hemat uang. karena dengan belajar jarak jauh Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi ke kampus, juga biaya akomodasi seperti kost jika dari luar kota.


Anda Juga tidak perlu mengeluarkan waktu untuk durasi perjalanan sehari-hari karena belajar dilakukan di kediaman masing-masing. Memang terdengar biasa saja tetapi, waktu Anda bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih bermanfaat tentunya.


Lebih nyaman

Sesuai dengan pepatah, tempat terbaik adalah di rumah. Hal ini pun berlaku dalam konteks bersekolah, meski banyak orang yang masih ragu pada keunggulan tutorial online Universitas Terbuka, namun pada faktanya mahasiswa akan lebih fokus pada materi karena merasa lebih nyaman.


Lebih memahami materi secara efektif

Hal yang menyebabkan mahasiswa terkadang terkendala dalam memahami materi pembelajaran adalah fokus yang teralihkan karena adanya peserta lain, dan juga jarak posisi duduk di kelas, juga mobilitas pengajar.


Dengan melakukan pembelajaran jarak jauh secara daring, tentu jarak antara Anda pada layar akan sama dengan peserta lain, begitupun besaran audio yang dihasilkan bisa di sesuaikan dengan kebutuhan Anda. 


Hal ini setidaknya akan memberi pengaruh, pada efektivitas belajar mahasiswa. Pada perangkat PC atau laptop umumnya tersedia fitur yang bisa merekam pada saat dilakukan streaming, sehingga Anda bisa mengulang pembelajaran kapan pun Jika ada yang belum di mengerti.


Mudah dalam prosesnya

Untuk melakukan pembelajaran dengan metode ini, caranya sangat mudah. Biasanya Anda hanya tinggal registrasi dan mendownload aplikasi yang digunakan, saat kegiatan akan berlangsung Anda akan di beri kode akses untuk bergabung dengan kegiatan tersebut.


Kesimpulan

Tentu metode belajar seperti ini pun ada kekurangannya, misalnya budaya belajar yang mengasyikan karena bisa berjumpa kawan sekelas menjadi tidak ada. Namun, perkembangan zaman dan  tuntutan sosial tidak bisa di hindari.


Beberapa Keunggulan tutorial online Universitas Terbuka bisa menjadi bahan pertimbangan Anda kedepannya untuk memilih fokus pada karier Anda saat ini atau mengembangkan potensi diri untuk masa depan yang lebih baik.