11 Tips Menjaga Kesehatan Kulit agar Sehat dan Cerah -->

11 Tips Menjaga Kesehatan Kulit agar Sehat dan Cerah

Amara
Kulit merupakan bagian dari penampilan seseorang yang harus dirawat dan dijaga kesehatannya. Bagi seorang wanita, merawat dan menjaga kulit terbilang mudah. Tapi tidak untuk anda yang belum mengetahui apa saja yang dibutuhkan kulit. Untuk itu, anda bisa menyimak tips menjaga kesehatan kulit yang terangkum di bawah ini.
Mayoritas kulit masyarakat Indonesia adalah sawo matang atau kuning langsat. Terlepas dari warnanya, kesehatan kulit adalah yang utama. Apalagi banyak beredar pemutih – pemutih kulit instan yang mengandung bahan berbahaya. Anda bisa banyak mengutip tips menjaga kesehatan kulit tubuh.

11 Tips Menjaga Kesehatan Kulit agar Sehat dan Cerah

1. Perbanyak Minum Air Putih

Sudah bukan rahasia jika air putih memiliki banyak khasiat. Termasuk untuk kesehatan kulit, air putih berguna untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan meminum air putih, anda bisa terhindar dari kondisi kulit tidak sehat. Selain itu bisa juga untuk menghindari stress kulit seperti keriput. Perlu diketahui bahwa jumlah minimal air yang dibutuhkan tubuh setiap harinya 8 gelas.

2. Tidur yang Cukup

Kebutuhan tidur untuk kesehatan kita bukan hanya terkait pemulihan energi. Tetapi, dengan tidur yang cukup anda bisa merawat dan menjaga kesehatan kulit. Menurut penelitian, siapa yang pola tidurnya berantakan, maka ia akan memiliki kulit kusam dan cepat keriput. Warna kulitnya pun menjadi tidak merata. Bagi anda yang menginginkan tips menjaga kesehatan kulit muka, aturlah jam tidur anda.

3. Hindari Makanan Mengandung Gula

Tips menjaga kesehatan kulit selanjutnya adalah dengan menghindari makanan terlalu manis atau mengandung banyak gula. Karena makanan seperti ini akan membuat kolagen dan elastin mengalami kerusakan. Jika sudah terjadi hal demikian, maka kulit akan menajdi keriput dan kendur. Maka dari itu batasi menkonsumsi gula agar kulit anda tetap terjaga dan segar. Gantilah makanan tersebut dengan buah dan sayur yang mengandung vitamin dan mineral.
4. Lakukan Perawatan Rutin
Beraktivitas di luar ruangan jelas memiliki dampak langsung pada kulit. Anda perlu membersihkannya agar terlihat beresih. Cuci wajah anda setidaknya 3 kali sehari. Hal ini dikarenakan polusi udara merupakan penyebab dari munculnya jerawat di wajah anda. Rajinlah mencuci wajah dan mandi 2 kali dalam sehari.

5. Menggunakan Masker Alami

Merawat kulit menggunakan bahan – bahan alami tentu pilihan yang aman dan tepat. Anda bisa membuat masker wajah jagung muda khusus untuk kulit wajah yang berjerawat. Atau anda bisa masker dari mentimun untuk kulit kusam. Sementara masker jeruk nipis untuk menghilangkan bekas jerawat.

6. Hindari Rokok atau Asap Rokok

Menjaga kesehatan kulit bukan hanya untuk wanita saja. Kebiasaan yang sering anda temui yakni merokok bisa mempersempit pembuluh – pembuluh darah yang ada di lapisan terluar kulit. Ini menyebabkan aliran darah ke daerah tersebut menjadi berkurang. Hindarilah merokok ataupun asap rokok.
7. Mengurangi Stress
8. Mengatur Pola Makan Sehat
9. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari
10. Menghindari Penggunaan Pemutih Instan
11. Berolahraga

Kulit sebagai organ terluar kita sangat mudah mengalami kerusakan. Jika tidak anda perhatikan dengan baik maka bisa membuatnya tidak sehat seperti kusam, keriput dan kering. Semoga ulasan mengenai tips menjaga kesehatan kulit ini membantu anda.