Cara Komplain Nilai di Universitas Terbuka -->

Cara Komplain Nilai di Universitas Terbuka

Redaksi
Komplain - atau protes adalah pernyataan tidak setuju / menentang terhadap sesuatu hal. Komplain adalah hal yang wajar dilakukan oleh setiap orang. Tetapi harus disertai bukti kuat, informasi lengkap dan terperinci. Komplain juga bentuk dari ketidakpuasan pada sesuatu. Misalnya disini saya protes karena diberikan nilai 0 (nol) padahal saya tidak berbuat kesalahan seperti jawaban terlalu menyimpang salah, mencopas jawaban orang lain, atau berlaku curang dan mengeluarkan kata - kata kasar selama diskusi.

Cara Komplain Nilai di Universitas Terbuka


1. Buka http://hallo-ut.ut.ac.id/ lalu klik pilihan tiket.


2. Login terlebih dahulu menggunakan akun anda. Jika belum daftar dulu.

3. Jika sudah, maka akan diarahkan ke pengaduan / komplain. Pilih topik "Nilai" atau keperluan anda. Lalu pilih high priority agar tiket cepat direspon. Beri judul keluhan anda. Dan jelaskan kronologis kejadian. Misalnya saya mendapat nilai 0 (NOL) padahal tidak pernah plagiat, selalu aktif dalam diskusi dan sebagainya.

4. Lalu lampirkan bukti screenshot yang menjelaskan aduan anda. Jika sudah klik tombol kirim.

5. Nah nanti akan muncul nomor tiket anda, copy dan paste kode tersebut. Karena jika tidak disimpan anda akan mengulang dari awal lagi.

6. Setelah beberapa jam atau hari kembali ke halaman pengaduan. Untuk mengetahui apakah diproses klik status tiket.

7. Nah nanti akan ada balasan dari Tim Cs UT, karena saya telah mengirim pesan ke Tutor yang memberikan Nilai 0 (nol) , maka saya klik link kedua.

8. Cari fakultas / jurusan anda, disana ada email / kontaknya.

9. Kemudian saya email pihak UT dengan bahasa sopan dan penjelasan rinci mengenai kasus saya. Jika sudah klik tombol send.

10. Selang beberapa hari, akhirnya Tutor saya pun membalas dan mengakui ada kekeliruan dalam memberikan nilai. Akhirnya nilai saya yang awalnya 0 (nol) berubah menjadi bernilai.

Demikian Cara Komplain Nilai di Universitas Terbuka, jika mengalami hal yang sama , jangan lupa bagikan artikel ini.