Cara Mendapat Nilai Memuaskan di Sertifikat prajabatan CPNS -->

Cara Mendapat Nilai Memuaskan di Sertifikat prajabatan CPNS

Redaksi

Nilai Memuaskan - merupakan dambaan semua orang terkhusus peserta prajabatan kemenkumham. Peserta yang mengikuti prajabatan dengan baik serta mendapat nilai memuaskan akan menjadi pertimbangan pimpinan dimana kelak ia akan ditempatkan. Sanagat sulit lho untuk mendapatkan predikat tersebut, tetapi kami akan sharing pengalaman sehingga anda pun kelak juga berhasil mendapatkannya. 

Cara Mendapat Nilai Memuaskan di Sertifikat Prajabatan CPNS.



Dalam prajab dikenal dengan dua metode kelas, kelas sesi materi dan kelas praktik.

1. Dikelas materi peserta prajabatan kemenkumham akan menerima materi selama kurang lebih 2 minggu didalam kelas dan dalam sehari start mulai jam 08.00 - 16.30. Dikelas akan banyak disuguhkan materi - materi ASN dan pembentukan dasar menjadi seorang ASN yang baik dan professional.

ada dua elemen penilaian :

a) Nilai ketika menyelesaikan tugas, pretest dan postest serta aktualisasi.

b) Nilai atas sikap dikelas : apakah peserta disiplin ? apakah peserta sabar dan selalu sigap menerima tugas / perintah dari pengajar dan instruktur ? Apakah peserta membuat masalah dikelas ? apakah peserta melanggar peraturan ? Nah itu juga dinilai dan ada pengamat tersendiri yang ditempatkan pada setiap kelas.


2. Diluar kelas, ada praktik baris - berbaris, kesamaptaan, kedisiplinan, olahraga dan tata cara makan serta minum seorang ASN. Jangan sampai ketika ikut prajab dan lulus prajab sikap seorang ASN tetap sama. Mereka harus mengubah sikap yang selama ini tidak sesuai aturan dan etika, dirubah sedemikian rupa agar menjadi ASN tangguh, bebudi pekerti luhur dan sikap yang menuju orientasi kerja.

a) Nilai atas skill baris - berbaris, stamina fisik pada kesamaptaan dan capaian target kegiatan seperti bela diri, senam dan lain sebagainya.

b) Nilai atas sikap , etika, kesabaran dan keteguhan saat menghadapi instruktur yang tentunya akan menggembleng mental setiap peserta, karena jujur lebih berat mental ketika bekerja dibanding mengikuti prajabatan. Jika anda salah seorang yang merasa tidak sanggup pada prajabatan ? apalagi saat anda bekerja ? dimana anda akan langsung berhadapan dengan warga binaan yang memiliki berbagai macam karakter. Jadi manfaatkan prajab ini guna memperteguh kesabaran dan sikap profesional anda.

c) Nilai atas penampilan, bukan masalah ganteng atau cantik. tetapi lebih kepada kerapian, kesesuaian dan kelengkapan pakaian yang digunakan peserta sehari - hari, sehingga tetaplah konsisten memaksimalkan penampilan anda. Tunjukkan anda seorang ASN yang layak dan patut untuk dijadikan teladan.

d) Nilai keagamaan dan sosial, mungkin banyak peserta prajabatan yang melupakan diri untuk beribadah pada Tuhan, karena banyaknya tugas saat prajabatan, anggaplah anda selalu diawasi dan dituntut sempurna dalam segala hal. Sehingga jangan lupakan ibadah rutin yang anda kerjakan. Dan yang terpenting bagaimana anda dapat berinteraksi sosial dengan teman prajab lainnya. Anda dapat bekerjasama sehingga meringankan setiap pekerjaan.

Setelah mengetahui elemen yang dinilai, sebaiknya anda persiapkan dan latih mental serta etos kerja. Sehingga sudah menjadi kebiasaan ketika prajab nanti. Jangan sampai kemalasan mematikan karir anda sebagai ASN. Masih ada jutaan orang yang siap untuk menggantikan posisi anda. Jadilah pemenang tanpa mengubah identitas dan jati diri anda.

Demikian Cara Mendapat Nilai Memuaskan di Sertifikat prajabatan CPNS. Jangan lupa bagikan artikel ini via medsos.